Pembinaan Lintas dan Linpro kelompok ASMAN – Kestrad


Toga merupakan sekumpulan tanaman berkhasiat obat yang ditanam di pekarangan untuk memelihara kesehatan keluarga. Sedangkan Akupresur adalah ketrampilan yang dilakukan dengan melakukan penekanan/pemijatan pada titik-titik akupuntur menggunakan jari.

Sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional pada pasal 70 tentang pemberdayaan masyarakat, pada ayat (2) menyatakan bahwa masyarakat dapat melakukan perawatan kesehatan secara mandiri dengan memanfaatkan Taman Obat Keluarga (TOGA) dan Keterampilan secara benar.

Melalui gerakan asuhan mandiri (ASMAN), sistem kesehatan nasional bisa dilakukan secara tradisional dan alami dimana salah satunya dengan memanfaatkan taman obat keluarga (TOGA) dan ketrampilan Akupresur.

Puskesmas Mojoagung sebagai pembina wilayah dan bertanggung jawab terhadap pembangunan kesehatan di wilayah kerja melaksanakan tugas untuk memfasilitasi, membina dan memberikan bimbingan, monitoring dan evaluasi kelompok ASMAN yang saat ini telah terbentuk 10 kelompok ( 1  ASMAN / setiap desa).

Pembinaan dan fasilitasi juga dilakukan oleh Dinas Kesehatan, bersama sama dengan lintas sektor dan lintas program. Pembinaan pada 9 Juli 2019 kali ini dilakukan langsung dan lengkap, dipimpin oleh kepala Bidang PSDK dr Wahyu Sri Harini, Kepala Seksi beserta staf Yankes Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, Kepala Puskesmas Mojoagung dr. Ma’murotus Sa’diyah Mkes dan staf Puskesmas Mojoagung yaitu Bapak Sumantri (pelaksana Program Kestrad), Nur Farida H (PJ UKM), Sri Wahyuningsih (Promkes), dr. Melisa (Mutu) dan seluruh lintas program terkait

 

Tinggalkan komentar