Kegiatan Survey KADARZI di Posyandu Seketi


Posyandu Seketi

Keluarga   Sadar   Gizi   (KADARZI)   adalah   suatu   keluarga   yang   mampu mengenal,  mencegah  dan  mengatasi  masalah  gizi  setiap  anggotanya.  Suatu  keluarga  disebut Kadarzi apabila  telah  berperilaku  gizi  yang  baik    yang  dicirikan dengan :

1.Menimbang berat badan secara teratur.

2.Memberikan Air Susu Ibu (ASI) saja kepada bayi sejak lahir  sampai  umur 6 bulan (ASI eksklusif).

3. Makan beraneka ragam.

4.Menggunakan garam beryodium.

5.Minum suplemen gizi (Tablet Tambah Darah/TTD, kapsul Vitamin A dosis tinggi) sesuai anjuran

Survey KADARZI dilakukan setiap oleh pemegang program Gizi BLUD Puskesmas Mojoagung yaitu Nur Farida Handayani,S.Gz dan Dhanis Febri, Amd.Gizi. pada tanggal 8 Juni 2021 kegiatan survey kadarzi dilakukan di Posyandu Desa Seketi dengan sasaran 50 KK. Survey kadarzi dilakukan dengan tehnik wawancara sesuai dengan form survey KADARZI meliputi beberapa pertanyaan mencakup konsusumsi keluarga dalam upaya pemenuhan gizi keluarga.

Selain tehnik wawancara sasaran survey diminta untuk membawa sample garam yang dikonsumsi keluarga untuk dilakukan pemeriksaan kadar yodium dalam pelaksanaanya petugas gizi dibantu dengan mahasiswa KKN dari Universitas Muhammadiyah Malang. Dari beberapa hasil wawancara terlihat bahwa beberapa keluarga sudah mengkonsumsi gizi yang cukup baik serta banyak garam yang sudah di dalakukan sample memiliki kadar yodium. Selain survey KADARZI petugas gizi juga melakukan penyuluhan / konseling agar keluarga dan masyarakat dapat memperoleh informasi dan pelayanan gizi yang berkualitas dengan mudah. Survey tersebut tetap dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s