JUMLAH PASIEN DENGAN HBSAG POSITIF DI PUSKESMAS MOJOAGUNG


Adanya pelayanan pemeriksaan laboratorium untuk faal hati ternyata direspon positif oleh masyarakat. Kesadaran masyarakat untuk memeriksaan hati atau livernya sudah cukup tinggi. Begitu juga promosi kesehatan menngenai penyakit-penyakit liver yang sudah dilakukan di masyarakat dari Tim UKM Puskesmas Mojoagung sangatlah membatu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan livernya.Hasilnya adalah ditemukan sejumlah pasien dengan HbSAg.

Bagaimana Pemeriksaan dan Jumlah Pasien dengan HbSAg ?

Pasien dengan HbSAg ini biasanya ditemukan secara sengaja atau tidak sengaja setelah pemeriksaan kadar SGOT/SGPT nya ketahuan meningkat, pasien ditawarkan untuk melakukan pemeriksaan HbSAg. Atau kadang pasien dengan keluhan perut terasa tidak nyaman yang langsung dating ke bagian radiology untuk minta diperiksa USG dan ternyata hasilnya adalah hepatitis atau sirosis hepatic, pasien ini diminta untuk melakukan pemeriksaan penunjang yang lain yaitu HbSAg dan SGOT/SGPT.

Informasi dari Bagian Laboratorium Puskesmas Mojoagung menyatakan bahwa ditemukan sebanyak 10 orang dengan HbSAg positif pada tahun 2008 dengan perincian 6 orang dari dalam wilker PKM Mojoagung, 2 orang dari PKM Gambiran dan 2 orang dari luar Kecamatan Mojoagung. Pada tahun 2009 (Jan- Mei) ini jumlah pasien dengan HbSAg positif sudah ditemukan sebanyak 12 orang dengan perincian 4 orang dari dalam wilker PKM Mojoagung, 3 orang dari Wilker PKM Gambiran dan 5 orang dari Luar Kecamatan Mojoagung. Menariknya 50% pasien dengan HbSAg positif pada tahun 2009 ini ditemukan pada bulan Mei kemaren.

jumlah pasien hbsag positif

Fenomena menarik ini menunjukkan kesadaran masyarakat sudah meningkat. Tindak lanjut dari hal ini yang telah dilakukan Puskesmas Mojagung adalah meningkatkan penyuluhan dan memberikan pelayanan imunisasi hepatitis B untuk dewasa dan bayi.

Iklan

5 tanggapan untuk “JUMLAH PASIEN DENGAN HBSAG POSITIF DI PUSKESMAS MOJOAGUNG

  1. Assalamualaikum Wr Wb
    Memang kita harus banyak tau masalah kesehatan agar kita selalu berhati-hati …… Jayalah terus Puskesmas Mojoagung
    Wassalamualaikum Wr Wb

  2. Wachh.. lama gak liat Mojoagung… + keren aja blognya… Simple tapi praktis banget (pengin belajar jadinya), btw emang sekarang lagi banyak orang sakit “HATI”.. mmg klo perlu Laboratorium harus “jemput bola” dengan ikut kegiatan UKM. Salam suksesss..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s