PANGGILAN NOMOR ANTRIAN PUSKESMAS #Kreasi Anak Loket


ANTRIAN

Bicara “ANTRI” dalam benak kita sudah pasti lama menunggu, bosan, ngantuk, panas dan sebagainya. Kondisi seperti itu sering dikeluhkan oleh banyak pelanggan yang dalam proses pemberian pelayanan. Mengantisipasi hal tersebut, Puskesmas Mojoagung sejak awal tahun 2016 mulai berbenah diri dalam hal antrian terutama dalam proses pendaftaran pasien.

Sekilas tentang proses pendaftaran pasien sebelumnya :

A. Pasien datang langsung menuju loket pendaftaran kemudian petugas loket mendaftar pasien yang ditulis di buku register pasien rawat jalan dan di tulis di lembar resep (Nama, Umur, Alamat, Kategori pasien)

  1. Apabila pasien membawa kartu berobat, petugas langsung menuliskan nomor Rekam Medik (RM) di buku register dan lembar resep
  2.  Apabila tidak membawa kartu berobat petugas mencari di aplikasi SIMPUS “dengan kata kunci anggota keluarga yang pernah berobat” apabila ada yang pernah berkunjung langsung di tulis di buku register dan di lembar resep
  3.  Apabila pasien/keluarga tidak pernah berkunjung ke puskesmas maka pasien langsung di data untuk di inputkan ke aplikasi SIMPUS agar mendapatkan nomor RM baru dan kartu berobat

B. Petugas pendaftaran mempersilahkan pasien untuk menuju ke poli yang di tuju;

C. Setelah pasien terdaftar di aplikasi SIMPUS kemudian proses pencarian buku RM pasien yang tersimpan di rak filling;

D. Buku RM pasien didistribusikan oleh petugas pendaftaran ke poli yang di tuju pasien.

Bercermin dari masa lalu itu dengan proses yang panjang maka sistem Loket pun berbenah agar proses pendaftaran lebih simple dan tidak ribet :

  1. Prosesnya hampir sama, yang membedakan adalah pasien harus antri dengan mengambil nomor antrian (tidak berebut saling mendahului), sistem antrian sudah dibuat dengan Aplikasi sehingga petugas pendaftaran tidak lagi berteriak untuk memanggil pasien untuk didaftar. Dalam hal ini terbukti bahwa dengan pemanggilan pasien dengan nomor antrian komputerisasi pasien lebih dihargai.
  2. Kemudian pasien tidak dicatat di buku register karena dalam hal ini sudah terekam di SIMPUS sebagai database, apabila sewaktu-waktu dibutuhkan bisa dicetak
  3. Pencarian dan pendistribusian buku RM pasien prosesnya sama

Dengan terciptanya nomor antrian dengan komputerisasi, Puskesmas Mojoagung berusaha mempertahankan kepercayaan pelanggan dalam memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan akurat sehingga pelanggan tidak dibiarkan menunggu (mengantri) terlalu lama.

Tradisi mengantri dengan berbaris panjang, berdiri dan lama, saling menyerobot dengan tujuan cepat dilayani sudah ditinggalkan di loket pendaftaran pasien.

Sekarang pasien ambil nomor antrian, duduk manis dan cantik kemudian nunggu dipanggil sesuai nomor urut.

Upload by : Admin (Kreasi Anak Loket)

BRAVO dan Semangat terus..

Iklan

2 tanggapan untuk “PANGGILAN NOMOR ANTRIAN PUSKESMAS #Kreasi Anak Loket

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s