LOKAKARYA MINI LINTAS SEKTOR PERTAMA TAHUN 2016 PUSKESMAS MOJOAGUNG


Lokakarya mini lintas sektor (Linsek) Tribulan pertama diadakan di aula Kecamatan Mojoagung pada akhir maret 2016. Dihadiri oleh seluruh Muspika; Camat Mojoagung yaitu Bapak Senen SSos. MSi. Wakil dari Kepolisian Sektor Mojoagung dan Wakil dari Danramil Mojoagung. Undangan terdiri dari kepala desa, Forum MAsyarakat CINta Puskesmas Mojoagung (MACIN), tokoh masyarakat, perwakilan organisasi sosial kemasyarakatan, UPT Pendidikan dan Unit Pelaksana Teknis lain di wilayah kerja Puskesmas Mojoagung serta pananggung jawab bidang kesehatan di Desa.
Tujuan lokakarya lintas sektor adalah mengkaji hasil kegiatan Linsek, membahas dan memecahkan masalah serta menyusun rencana kerja tribulan berikutnya. Lokmin Linsek Pertama merupakan penggalangan tim, dengan membangun pengorganisasian yang efektif dalam mekanisme koordinasi yang baik.

Acara dimulai dengan pembukaan yang dilanjutkan dengan dinamika kelompok yang dipandu oleh Ibu Susmajaningtyas Titiwati Amd.Rad. Pada sesi dinamika kelompok ini, peserta dibagi menjadi 5 kelompok dan tiap kelompok berbaris dengan urut mulai nomor satu hingga lima. Orang nomor satu pada kelompoknya akan memberikan kalimat yang harus disampaikan secara estafet kepada orang kedua, orang kedua kepada orang ketiga, dan seterusnya hingga orang kelima. Orang terakhir ini akan maju ke depan dan menyampaikan isi kalimat yang telah dikomunikasikan. Disini seluruh peserta berbaur, dan saling berebut kecepatan karena waktu yang diberikan tidak banyak. Beberapa hal lucu terjadi karena kalimat yang sudah diujikan ternyata tidak sesuai dengan yang disampaikan oleh orang kelima.
Tujuan dari dinamika kelompok kali ini adalah memberi gambaran tentang pentingnya koordinasi dan komunikasi, pentingnya kekompakan kelompok, dan bagaimana bekerja efektif, efisien tetapi tetap sesuai dengan aturan dan prosedur yang berlaku.
Selain mendapat masukan tentang betapa pentingnya berkomunikasi yang baik, peserta juga menjadi cair satu sama lain, suasana pun menjadi tidak kaku, hangat dan seru, dimana semua  peserta tersenyum mengingat keseruan dan kelucuan yang terjadi.

Camat Mojoagung Bapak Senen SSos. MSi. menyampaikan sambutan dan pengarahan tentang pentingnya lokakarya mini lintas sektor sebagai media koordinasi dan komunikasi, juga mengapresiasi acara dinamika kelompok yang telah dilakukan sebelumnya sehingga seluruh peserta merasa fresh dan tidak tegang.
Acara dilanjutkan dengan Informasi program lintas sektor, yaitu program terkait yang ada di kecamatan Mojoagung. Informasi tentang program kesehatan disampaikan oleh dr. Ma’murotus Sa’diyah MKes (dr. eyik) selaku Kepala UPTD Puskesmas Mojoagung, serta Informasi tentang kebijakan, program dan konsep baru.
Dari Kepolisian Sektor Mojoagung, memberikan paparan mengenai Narkoba dan Bahayanya, serta sosialisasi peraturan perundang-undangan yang berlaku agar masyarakat dapat secara bersama-sama mencegah bahaya Narkoba, terutama kepada generasi muda.
Inventarisasi peran bantu masing-masing sektor, analisis masalah dari masing-masing sektor, pembagian peran dan tugas masing-masing sektor, rencana kegiatan masing-masing sektor, dan membangun komitmen untuk secara bersama-sama ikut mewujudkan masyarakat sehat yang mandiri di kecamatan Mojoagung.
Acara dilanjutkan dengan diskusi dua arah serta inventarisir masukan bagi kinerja Puskesmas Mojoagung ke depan.

Terakhir, acara ditutup dengan doa..

IMG-20160411-WA0009

 

IMG-20160411-WA0011

IMG-20160411-WA0010

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s