MACIN ~ Forum MAsyarakat CINta Puskesmas Mojoagung


 

Pelayanan publik merupakan kegiatan pelayanan yang dilaksananakan oleh penyelenggara layanan publik sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan pengguna layanan. Pada hakikatnya pemerintah merupakan pelayan kepada masyarakat. Adanya pemerintah bukan untuk melayani diri sendiri melainkan melayani masyarakat serta membentuk kondisi yang memungkinkan setiap anggota masyarakat mengembangkan kemampuan dan kreativitasnya demi kepentingan bersama.

Menurut Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik mengatur tentang peran masyarakat dalam pengembangan sistem pelayanan publik, diantaranya sebagai bagian dari organisasi penyelenggara, pengguna yang aktif, serta sebagai pemangku kepentingan yang memiliki hak untuk mengadu dan ikut terlibat dalam perumusan standar pelayanan. Kementrian Pendayagunaaan Aparatur Negara (MENPAN) melakukan pendekatan baru untuk melibatkan warga dalam penyelenggaraan pelayanan publik dengan mengeluarkan maklumat dengan mengadopsi Citizen Charter dengan mengembangkan maklumat pelayanan, yaitu perjanjian dari penyelenggara kepada pengguna tentang bagaimana pelayanan akan diselenggarakan.

Sebagai bagian dari institusi Pemerintah yang memberikan pelayanan kesehatan, Puskesmas Mojoagung bersama-sama dengan stake holder bidang kesehatan membentuk organisasi yang menghimpun tokoh-tokoh masyarakat dan perwakilan masyarakat yang peduli kesehatan.

Forum yang bernama MACIN ini terbentuk pada pertengahan Tahun 2015, dengan pelindung seluruh anggota MUSPIKA – tiga pilar di Kecamatan Mojoagung. Untuk masa bakti Tahun 2015-2017 MACIN dikomandani oleh Bapak Zainul Arifin SAg. Beliau adalah tokoh masyarakat yang dalam kepemimpinannya turut berperan aktif dalam mewujudkan Kecamatan Mojoagung Sehat dan Kabupaten Jombang Sehat Tahun 2015. Anggota MACIN terdiri dari masyarakat yang peduli dan dapat secara aktif melakukan koordinasi dengan jajaran Puskesmas Mojoagung. Ke depan MACIN akan berperan sebagai mitra kerja Puskesmas dalam penyelenggaraan upaya pembangunan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Mojoagung.

Terbentuknya Forum Masyarakat Cinta Puskesmas Mojoagung (MACIN) diharapkan dapat menjadi media komunikasi yang efektif dalam mengakomodasi kebutuhan masyarakat dengan jalan menjalin komunikasi dua arah yaitu antara masyarakat kepada UPTD Puskesmas Mojoagung dan sebaliknya mengkomunikasikan informasi kesehatan dari UPTD Puskesmas Mojoagung kepada masyarakat luas.

 

*Informasi

Sekretariat MACIN dan Pusat Pengaduan Masyarakat ada di Gedung Depan Puskesmas Mojoagung

*Kontak person

Bpk. Zainul Arifin : 0813-5766-0635

Siti Munahaya     : 0813-3576-55551

 

*Dokumentasi

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s