PUSKESMAS SAHABAT LANSIA, mewujudkan lansia sehat dan bahagia


Siapakah lansia?

Menurut Undang-Undang No. 13 tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lansia, Lansia adalah orang yang telah berusia 60 tahun ke atas.

Lansia merupakan sebuah kondisi yang istimewa, dimana manusia secara fisiologi dan psikologis telah mengalami berbagai penurunan fungsi.

Namun demikian menjadi lansia sehat dan bahagia merupakan pilihan terbaik, dan Puskemas Mojoagung hendak ikut mewujudkan suasana pelayanan dan program kesehatan untuk mendukung lansia yang sehat dan bahagia.

 

Apa yang dapat kita berikan untuk lansia?

Pada dasarnya setiap orang ingin diperlakukan dengan baik dan santun. Pada dasarnya setiap orang butuh sahabat. Demikian juga para lansia. Apalagi Lansia adalah orang tua kita. Memperlakukan lansia dengan baik, artinya memuliakan para orang tua kita.

Dalam mewujudkan Puskesmas Mojoagung sebagai Puskesmas Sahabat Lansia maka dilaksanakan beberapa hal yang dalam perkembangannya akan terus menerus diupayakan untuk menjadi lebih baik.

 

Beberapa langkah yang dilakukan di Puskesmas Mojoagung adalah sebagai berikut:

  1. Disediakan handling /pegangan untuk para lansia (dan juga disabilitas) sejak para lansia datang di loket. Disediakan juga handling di Kamar mandi. Lingkungan pelayanan dibuat lebih asri.
  2. Adanya Poli Sahabat Lansia, dimana Lansia memilik jalur khusus untuk mengakses pelayanan secara lebih mudah dan cepat. Dari loket pendaftaran, lansia akan dibimbing petugas menuju Poli Sahabat Lansia tanpa melalui antri di Poli Umum.

Diupayakan Poli Sahabat Lansia ini memiliki jalur yang bisa langsung diakses dan dapat dilakukan dropping dari kendaraan

Di Poli Sahabat Lansia, para lansia akan mendapatkan pemeriksaan kesehatan oleh petugas, selanjutnya jika memerlukan pemeriksaan laboratorium maka petugas laboratorium yang akan datang memeriksa, demikian juga ketika mendapatkan obat, petugas obat yang akan mengantar obat para lansia

Hal ini dilakukan bukan untuk memanjakan para lansia, namun lebih bertujuan memberikan pelayanan yang santun dan proporsional.

  1. Selain pelayanan terintegrasi di Poli Sahabat Lansia juga didapatkan pelayanan khusus jika memang pasien memerlukan, yaitu:
    1. Konsultasi gizi
    2. Konsultasi sanitasi
    3. Pelayanan akupuntur dan akupressur serta herbal untuk mencegah penyakit degeneratif lebih lanjut

 

 

  1. Disediakan air mineral di ruang tunggu para lansia, untuk mencegah terjadinya dehidrasi yang mungkin terjadi.
  2. Taman Refleksi, merupakan reflection track yang terbuat dari batu-batu yang di pasang dalam berbagai gradasi ukuran secara bertahap, dengan disampingnya terdapat railing besi yang berfungsi sebagai pegangan. Manfaat taman refleksi adalah melancarkan aliran darah, melatih kepekaan syaraf kaki sehingga diharapkan para lansia mendapat kesegaran badan. Dapat dilakukan sesaat sambil menunggu proses pelayanan, agar para lansia tidak jenuh.
  3. Senam bersama pada program pengelolaan Penyakit Kronis (PROLANIS) setiap kamis minggu ke-empat.

Manfaat lain yang dirasakan para lansia adalah mereka menjadi lebih bersemangat dan gembira, karena saat menunggu di area Poli Sahabat Lansia, para lansia ini bertemu dengan rekan-rekan segenerasi. Mereka terlibat permbicaraan yang hangat dan saling melepas kerinduan.

 

Selain kegiatan di dalam gedung, program lansia juga menyentuh langsung ke masyarakat. Saat ini telah terbentuk Posyandu Lansia di semua desa di wilayah kerja Puskesmas Mojoagung. Terdapat kader lansia, baik lelaki maupun wanita. Kegiatan senam lansia di Posyandu lansia serta penyuluhan kesehatan, gizi, penggunaan tanaman herbal dan lain sebagainya.

Kunjungan rumah dilaksanakan ketika lansia mengalami penurunan kesehatan.

 

Harapan ke depan adalah para lansia dapat sehat dan bahagia secara fisik maupun mental.

 

DOKUMENTASI KEGIATAN

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s