Puskesmas Mojoagung Sayang Bunda mengadakan “Pemeriksaan USG Gratis dan VCT bagi Ibu Hamil”


IMG_2070IMG_2071

Puskesmas Mojoagung pada senin 18 Mei 2015 mengadakan pemeriksaan gratis USG bagi ibu hamil bekerja sama dengan produsen susu Lovamil, susu bagi ibu hamil dan menyusui. Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Puskesmas Mojoagung sebagai Puskesmas Pilihan dan Puskesmas Sayang Bunda. Beberapa kegiatan hari ini merupakan pelayanan khusus terhadap ibu hamil sebagai bagian dari Program Puskesmas Mojoagung Sayang Bunda yang meliputi:
1. Pemeriksaan fisik ibu hamil
2. Pemeriksaan fungsi jantung dan paru Ibu hamil oleh dokter
3. Pemeriksaan USG: USG sangat berguna untuk memantau kesehatan rahim serta Menilai pertumbuhan dan perkembangan bayi serta keadaan plasenta dalam kandungan.
4. Penyuluhan kesehatan
5. Konsultasi kesehatan dengan dokter
6. Pemeriksaan laboratorium:
– Golongan darah: dimana akan sangat membantu bila saat persalinan ibu membutuhkan bantuan transfusi maka sudah ada persiapan sebelumnya karena golongan darahnya telah diketahui)
– Hb/hemoglobin: untuk mengetahui secara pasti ada tidaknya anemia. Karena anemia pada ibu hamil akan berbahaya bagi bayi maupun ibu
– Tes HIV Aids melalui Voluntary Counseling Test (VCT) yaitu test HIV AIDS yang dilakukan secara sadar dan sukarela. Pemeriksaan HIV AIDS pada ibu hamil merupakan mata rantai penting dimulainya “PENCEGAHAN PENULARAN DARI IBU KE ANAK (PPIA)” sebagaimana Surat Edaran MENKES No.GK/menkes/001/1/2013 tentang layanan PPIA.
Pemeriksaan ini penting karena Bila ibu terinfeksi HIV maka risiko menjadi berlipat yaitu risiko pada ibu dan pada bayi yang kemungkinan besar akan tertular HIV AIDS juga. Pemeriksaan ibu hamil dapat memberi petunjuk secara dini bagaimana agar ibu dapat menjalani kehamilannya dengan sehat dan meminimalkan penularan pada bayi. Jika Ibu hamil positif HIV maka ibu akan mendapatkan konseling dan pengobatan, petugas akan membantu ibu dalam merencanakan persalinan yang aman dan infromasi agar menghindari menyusui supaya bayi tidak tertular.
Berdasarkan data Kemungkinan bayi tertular HIV dari ibunya pada masa kehamilan adalah 15-20 persen. Sedangkan pada saat kelahiran 10-15 persen, dan pada saat menyusui adalah 15-20 persen.
Sebanyak 160 ibu hamil melakukan pemeriksaan, mereka berasal dari berbagai wilayah sekitar Mojoagung. Ibu hamil sangat antusias mengikuti semua kegiatan karena mereka tahu manfaatnya, terdapat tayangan film yang diputar berisi proses kehamilan. Tayangan ini sangat menyentuh sehingga ibu hamil tampak seksama menyaksikannya. Petugas Puskesmas, kru Lovamil dan lintas sektor melayani dengan hangat dan ramah Sehingga ibu hamil merasa nyaman.
Acara terlaksana dengan tertib dan lancar karena kerjasama semua pihak mulai loket hingga selesai pelayanan. Loket antrian dibuat khusus agar pelayanan bisa berjalan cepat, pemeriksaan jantung&paru dilaksanakan di ruang Kesehatan Ibu Anak (KIA), VCT dilakukan di Klinik IMS-VCT dan pemeriksaan USG dilaksanakan di mobil pelayanan medis yang disediakan Lovamil.

Info Layanan

Klinik VCT dibuka setiap hari di Puskesmas Mojoagung

 

Iklan

Satu tanggapan untuk “Puskesmas Mojoagung Sayang Bunda mengadakan “Pemeriksaan USG Gratis dan VCT bagi Ibu Hamil”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s