WISATA ANAK SEHAT


Anak-anak adalah usia penting dan kritis karena mereka sedang mengalami tumbuh kembang fisik, mental, dan psikososial, yang berjalan sedemikian cepat. Keberhasilan tahun-tahun pertama untuk sebagian besar menentukan hari depan anak. Memberikan anak informasi kesehatan dasar dan melibatkan anak ke dalam kegiatan yang positif adalah salah satu tugas bersama pendidik dan pengelola pelayanan kesehatan agar anak memiliki bekal pengetahuan dan pengalaman yang baik bagi masa dpean mereka.

Secara dini anak perlu dikenalkan dengan perilaku hidup bersih-sehat dan bersosialisasi dengan teman sebaya untuk membangun kesadaran hidup sehat dan menepis ketakutan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan.
Tujuan yg ingin dicapai dari wisata anak sehat adalah agar anak-anak memiliki pengetahuan kesehatan dan dapat mempraktekkan kegiatan hidup bersih dan sehat dalam sehari-hari sesuai kebutuhan usia mereka, misalnya: bagaimana menggosok gigi yang benar, bagaimana mencuci tangan yang benar, serta agar anak-anak memiliki anggapan/persepsi bahwa pemeriksaan atau pelayanan kesehatan bukanlah sesuatu yang menakutkan, tetapi justru menjadi sesuatu yang menarik dan menyenangkan.
Acara pertama adalah perrkenalan, dimana anak, orang tua dan guru diterima pihak Puskesmas di ruang pertemuan (gedung lantai 2) yang kemudian diisi dengan menyanyi bersama, serta penyuluhan dan praktek cara cuci tangan yang benar, juga penyuluhan makanan sehat. Semuanya dilakukan dengan suasana riang gembira.
Acara dilanjutkan dengan Jalan-jalan ke Poli Gigi: melihat-lihat poli gigi yang bertujuan agar anak-anak tidak lagi takut untuk memeriksakan giginya dan tidak takut terhadap alat-alat gigi. Seperti ketika masuk ke Poli Gigi, petugas berperan seolah menjadi pramugari dan anak-anak mengantre untuk naik kursi pesawat (kursi gigi) yang kemudian dilakukan pemeriksaan gigi oleh dokter gigi dan perawat gigi serta penyuluhan praktek cara sikat gigi yang benar.
Acara selanjutnya adalah pengenalan terhadap kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), jentik, nyamuk dewasa dan bagaimana menjaga lingkungan bebas dari jentik dan nyamuk. Acara terakhir penutup, diisi dengan acara bebas dengan suasana yang riang gembira.
Bekerja sama dengan beberapa PAUD dan TK, Puskesmas Mojoagung mengadakan wisata anak sehat dimana kegiatan ini dapat dilakukan pada jam kerja, dengan terlebih dahulu pihak sekolah berkoordinasi dengan petugas Puskesmas atau menghubungi nomer kantor (0321-495048).

foto kegiatan:

IMG_0805IMG_0808

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s