Kunjungan Mr. Hashimoto-Kobe University Japan


photo(2)Senin 13 Oktober 2014 Mr Masayoshi Hashimoto dari Family Medicine Department and Community Medicine, Fakultas Kedokteran Universitas Kobe Jepang beserta staf mengadakan kunjungan ke Puskesmas Mojoagung. Kunjungan Mr. Hashimoto dimaksudkan khusus untuk melihat pelaksanaan Community Medicine (CM) yang dilaksanakan Puskesmas Mojoagung termasuk bagaimana Puskesmas Mojoagung melaksanakan UKP dan UKM nya.
Mr Hashimoto bersama Tim dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Biro Kesehatan Masyarakat melihat pelaksanaan Posyandu. Kemudian para tamu berkunjung melihat pelayanan di Poli rawat jalan, Rawat Inap, Poli gizi khususnya TFC (Therapeutic Feeding Centre), Poli Sanitasi dan Poli Akupuntur. Khusus saat di rawat inap Mr Hashimoto berbincang mengenai penderita TB karena ternyata menurut Mr. Hashimoto, Jepang pun belum bebas dari TB. Lalu Mr Hashimoto menanyakan apa saja peran CM pada pasien TB serta keterlibatan mahasiswa FK yang sedang praktek lapangan di Puskesmas Mojoagung.
Dalam Community Medicine khususnya kerjasama FK Unair-Dinkes Kab. Jombang, mahasiswa co-ass yang berada di Puskesmas Mojoagung juga praktek lapangan dengan melakukan home visit pd pasien TB bersama petugas Puskesmas, dan saat home visit juga diberikan penyuluhan pada pasien&keluarga terutama memotivasi PMO (pengawas minum obat).
Mr. Hashimoto juga tertarik pada poli akupuntur yg merupakan salah satu keunikan Puskesmas Mojoagung karena dapat mengembangan poli khusus berbasis pengetahuan komplementer. Mr Hashimoto dan tim juga terkesan tentang TFC dimana pada pasien rawat inap, kebutuhan gizi yang diberikan dilakukan khusus, yakni disesuaikan dengan penyakit yang diderita sehingga membantu pemulihan kesehatannya.
Terimakasi atas kunjungannya, selamat jalan Mr. Hashimoto.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s