PELATIHAN TANAMAN BIOFARMAKA (TOGA) OLEH DINAS PERTANIAN BEKERJASAMA DENGAN PUSKESMAS MOJOAGUNG


PELATIHAN TANAMAN BIOFARMAKA (TOGA) OLEH DINAS PERTANIAN BEKERJASAMA DENGAN PUSKESMAS MOJOAGUNG

Tim Obat Tradisional & Herbal Puskesmas Mojoagung

Dinas Pertanian Kabupaten Jombang ternyata masih jatuh hati dengan Puskesmas Mojoagung untuk kegiatan Pelatihan Tanaman Biofarmaka (Toga). Dengan tanpa mengurangi rasa hormat dan terima kasih, Puskesmas Mojoagung dengan Tim Obat Tradisional dan Herbalnya menyiapkan bahan materi pelatihan sesuai permintaan dari Dinas Pertanian Kabupaten Jombang, yaitu :
1. Bpk. Sumantri, AMd.Akp, S.Psi, S.Pd.
PENGEMBANGAN TANAMAN BIOFARMAKA DAN FUNGSINYA
2. R. Happy Yuliasari, S.Farm, Apt.
HERBAL pkm pegagan dkk
3. Nur Farida Handayani, AMd.Gizi
NUTRISI DAN SEHAT ALAMI

Peserta Pelatihan

Pada hari pertama, Senin tanggal 26 Juli 2010 pelaksanaan Pelatihan Tanaman Biofarmaka (Toga) dalam Rangka Pelaksanaan Kegiatan Penyediaan Benih Bibit Hortikultura Tahun 2010 oleh Dinas Pertanian bekerjasama dengan Puskesmas Mojoagung di laksanakan di Balai Pertemuan Desa Pulo Gedang Kec. Tembelang Kab. Jombang. Acara tersebut di hadiri oleh Dinas Pertanian yaitu Bpk. Widiono, SP., KaDes Pulo Gedang, ibu-ibu pengerak PKK wilayah Kec. Tembelang, Kec. Ploso dan Kec. Tapen, tidak lupa beserta

Kepala Dinas Pertanian dan Tim Penggerak PKK Kab. Jombang

Tim Obat Tradisional dan Herbal Puskesmas Mojoagung yang di koordinatori oleh Bpk. Sumantri, AMd.Akp, S.Psi, S.Pd.
Acara tersebut dibuka langsung oleh Bpk. KaDes Pulo Gedang dengan penuh harapan bahwa setelah diadakannya Pelatihan Tanaman Biofarmaka (Toga) dalam Rangka Pelaksanaan Kegiatan Penyediaan Benih Bibit Hortikultura Tahun 2010Desa Pulo Gedang maju seperti Pulo Gadung Jakarta.
Dalam sambutannya pihak Dinas Pertanian bahwa peserta pelatihan dalam hal ini sebagai koordinator adalah tim penggerak PKK kecamatan akan mendapatkan bibit Toga (tanaman obat keluarga).

dr. Agustina Mufidah memberikan sambutan di Hari Pertama

Pada hari kedua, Selasa tanggal 27 Juli 2010 dilaksanakan di Balai Pertemuan Desa Temu Wulan Kec. Perak Kab. Jombang dihadiri oleh Bpk. Drs. Bambang Sriyadi (Camat Perak), perwakilan dari Dinas Pertanian Bpk. Waras Sumakno, SP. dengan peserta ibu-ibu penggerak PKK wilayah Kec. Perak, Kec. Bandar Kedungmulyo dan Kec. Jogoroto.
Acara pelatihan ini dibuka langsung oleh Bpk. Drs. Bambang Sriyadi (Camat Perak) dengan sambutannya berpesan bahwa sangat berartinya Kesehatan kita dan begitu mahalnya dimasa sekarang ini karena tingkat

dr. Diani Arisandhi sedang Memberikan Sambutan di Hari Kedua (dari sebelah kanan)

derajat dan status kesehatan yang sangat didamba setiap orang serta didukung dari modernisasi zaman yang canggih. Karena itulah kita jangan sampai meninggalkan warisan nenek moyang kita secara tradisi yang sangat variatif dan murah meriah karena tanpa kita sadari bahwasanya semuanya itu dapat kita peroleh dari lingkungan pekarangan kita. Kemudian dari pihak Dinas Pertanian juga berpesan agar kita tidak mengenyampingkan dalam pemanfaatan lahan pekarangan kita untuk TOGA (tanaman obat keluarga),

Bpk. Sumantri, AMd.Akp, S.Psi, S.Pd. sedang memaparkan materi pelatihan

karena kita semua tahu bahwa semua

R. Happy Yuliasari, S.Farm, Apt. berbagi Ilmu dengan Peserta Pelatihan

kebutuhan hidup kita semakin hari terus melambung tinggi biayanya. Alangkah indah dan senangnya kita apabila tanah pekarangan kita akan kaya dengan hasil bumi secara otomatis hal tersebut akan sangat membantu meringankan kebutuhan hidup kita, karena hal ini juga didukung oleh unsur tanah Indonesia yang begitu subur akan semua jenis tanaman.
Yang menjadi kesan menarik dalam pelatihan ini adalah masalah gizi yang dipaparkan oleh Ibu Nur Farida Handayani, AMd.Gizi (ahli gizi Puskesmas Mojoagung) adalah pada masa saat ini dalam masalah pengobatan modern secara otomatis akan merubah status gizi hidup kita oleh karena itu masalah kesehatan adalah merupakan tanggung jawab kita bersama dimulai dari sejak sedini mungkin.

Nur Farida Handayani, AMd.Gizi mencairkan suasana dengan Ilmu Cantik Alami

Tim Obat Tradisional dan Herbal Puskesmas Mojoagung :
1. dr. Sriwulani Sumargo, Sp.Rad, M.Kes.
2. dr. Agustina Mufidah
3. dr. Diani Arisandhi
4. Sumantri, AMd.Akp, S.Psi, S.Pd.
5. R. Happy Yuliasari, S.Farm, Apt.
6. Nur Farida Handayani, AMd.Gizi
7. Abdul Aziz, AMd.Per.Kes.
8. Mulyono

Upload by : Abdul Aziz, AMd.Per.Kes.

10 thoughts on “PELATIHAN TANAMAN BIOFARMAKA (TOGA) OLEH DINAS PERTANIAN BEKERJASAMA DENGAN PUSKESMAS MOJOAGUNG

  1. kalo misalnya kami butuh bibit tanaman obat tersebut, apakah bisa melalui puskesmas mojoagung? atau ada referensi nama yang bisa kami kontak untuk pengadaan benih tanaman?
    trima kasih dan salam hangat, Riris–mojowarno

  2. apakah tanaman toga perlu pupuk? kalo iya, pupuk apa yg baik utk tanaman toga? kalo kita ingin berkunjung untuk studi banding bagaimana caranya?

    1. Sebelumnya saya sampaikan terima kasih atas coment-nya, untuk pupuk pasti butuh untuk semua tanaman yang penting pupuk alami saja jangan yang buatan pabrik karena kapasitas tanah dalam jumlah yang sedikit akan merusak tanaman itu sendiri.

      Untuk studi banding kami membuka pintu Puskesmas Mojoagung dengan selebar-lebarnya dalam hal pendidikan.

  3. (Srimuliani Handoyokusumo; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Berau)

    Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

    Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

    2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

    3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

    4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0852-3687-2555.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s