KUNJUNGAN KERJA DINAS KESEHATAN KABUPATEN PASURUAN KE PUSKESMAS MOJOAGUNG


Ka.Pusk. Mojoagung memberikan sambutan

Dalam rangka observasi lapangan peserta diklat manajemen puskesmas se-Kabupaten Pasuruan maka pada hari Sabtu pagi, 3 Juli 2010, peserta diklat (Kepala Puskesmas se-Kabupaten Pasuruan) didampingi Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan mengadakan kunjungan kerja ke Puskesmas Mojoagung. Sebagai pembimbing dan narasumber diklat adalah Kepala Bagian Pemerintah Kabupaten Pasuruan dan DR. dr. Sri Adiningsih HS dari FKM UNAIR. Sesampainya di Puskesmas Mojoagung sekitar pukul 09.00 pagi, rombongan yang terdiri dari kurang lebih 30 orang ini disambut langsung oleh Kepala Puskesmas Mojoagung dr. Sriwulani Sumargo, SpRad, M.Kes. Kemudian mereka diajak naik ke ruang pertemuan yang terletak di lantai 2 Puskesmas Mojoagung untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut mengenai pengembangan kesehatan di Puskesmas Mojoagung. Banyak sekali pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta kunjungan kerja, karena rasa antusias ingin menerapkan inovasi-inovasi yang didapat pada kunjungan kerja kali ini. Diantaranya tanya jawab yang menarik adalah bagaimana menerjemahkan visi, misi menjadi aplikatif dan kaitannya dengan mungkin oleh Kepala Puskesmas Mojoagung secara singkat dijawab bahwa pada dasarnya manajemen adalah gabungan antara ilmu dan seni. Ilmu manajemen dapat dipelajari sedangkan seni manajemen harus sesuai dengan situasinya. Seperti yang dilukiskan oleh John Naisbitt dalam Think Globally, Act Locally. Dijelaskan juga tentang proses perubahan atau Change yang dilukiskan dengan gambar The Funnel.

Ka.Pusk. Mojoagung memberikan jawaban kepada peserta

Setelah selesai tanya jawab hadirin diajak berkeliling untuk melihat langsung gambaran pelayanan kesehatan beserta inovasinya yang sudah ada di Puskesmas Mojoagung. Puskesmas Mojoagung sendiri memang salah satu Puskesmas percontohan yang ada di Kab. Jombang, Puskesmas yang sudah berstandar ISO, dan Puskesmas yang sudah rutin melakukan audit mutu internal dan eksternal. Salah seorang peserta kunjungan kerja menyatakan kagum dengan keberhasilan yang telah dicapai Puskesmas Mojoagung.. Jadi image selama ini dimana sebuah Puskesmas adalah tempat pelayanan kesehatan yang sangat sederhana dan tidak nyaman sudah lama ditinggalkan.
Pertanyaan lain yang sempat terlontar adalah mengapa banyak sekali gambar pemandangan disana sini. Di Puskesmas Mojoagung, yaitu di Ruang UGD dan di Ruang USG memang dipasang banner besar selebar satu sisi dinding, banner ini bergambar pemandangan alam yang ada tanaman, pohon dan air mengalir, ditujukan untuk memberikan kenyamanan bagi pasien maupun pegawai yang berada di ruangan itu dan menghilangkan kesan sumpek di ruangan yang tidak terlalu luas serta tata tertib berkunjung keluarga pasien dan terdapat pula banner yang mencantumkan hak dan kwajiban dokter maupun pasien.

Operator & Peserta dengan seksama menyimak Penjelasan Ka.Pusk. Mojoagung

Pada pukul 12.00 siang para peserta kunjungan kerja meninggalkan Puskesmas Mojoagung. Semoga kunjungan kerja dari rekan-rekan dinas kesehatan Kab. Pasuruan ini akan membawa manfaat bagi semuanya, Amin.

Upload by : Abdul Aziz, AMd.Per.Kes.

Iklan

3 tanggapan untuk “KUNJUNGAN KERJA DINAS KESEHATAN KABUPATEN PASURUAN KE PUSKESMAS MOJOAGUNG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s