TINJAUAN DINAS KESEHATAN PROPINSI JAWA TIMUR KE PUSKESMAS MOJOAGUNG


Upaya Pengembangan Program Pelayanan Kesehatan tentang Tradisional Pelayanan Pengobatan Akupunktur dan Obat Tradisional Puskesmas Mojoagung di tinjau Dinas Kesehatan dari Propinsi Jawa Timur di antaranya :

Ka.Pusk. Mojoagung beserta Tamu DinKes Propinsi

1. dr. NUNIK DAMAYATI
2. drg, TITI PURWANTI
3. TRI SUNASIH, S.Farm.
P4OT berdiri sejak 7 Mei 2007 merupakan wadah kegiatan dan pengembangan pelayanan dan teknologi kesehatan (P4OTK) Puskesmas Mojoagung dalam bidang obat tradisional yang dikelola secara mandiri. Kegiatan ini dilakukan guna membantu mencapai harapan tentang pengobatan tradisional yang dapat dipertanggungjawabkan manfaat dan keamanannya seperti yang tertuang dalam Undang-undang Kesehatan pasal 47 ayat (3) tentang pemanfaatan P4OT sudah cukup luas antara lain oleh pasien siswa SMU, mahasiswa dan masyarakat umum baik mendapat pengobatan, informasi ilmiah, tempat penelitian atau sumber pustaka dan keperluan lain.
Penelitian yang dilakukan meliputi penelitian tentang dan pelayanan :

Bpk. Sumantri, AMd.Akp, S.Psi. menjelaskan tanaman herbal

1. Rasional dan standar pengobatan obat tradisional.
Sosial budaya terkait obat tradisional tanaman obat dan lain-lain, penelitian beberapa obat tradisional telah dilakukan demikian pula penelitian di lapangan untuk mengetahui penggunaan obat tradisional di masyarakat.
2. Pelatihan tentang pengenalan tanaman obat dan pemanfaatannya dalam bentuk obat tradisional di selenggarakan sesuai dengan kebutuhan dan permintaan klien telah dilakukan berbagai penelitian untuk tenaga kesehatan, anggota PKK dan masyarakat umum.
3. Pelayanan Pengobatan dengan standar.
Pengobatan dilakukan untuk pasien umum atau pasien penelitian. Beberapa kasus penyakit yang ditangani adalah hipertensi, kencing manis, reumatik, obesitas, batu ginjal, tumor / kanker, keputihan pada wanita, alergi, sariawan, skit maag, kolesterol tinggi dan hepatitis dan lain-lain.
Kegiatan pelayanan dilaksanakan oleh tenaga kompeten pengobatan tradisional beserta tim dokter, apoteker dan akupunkturis.
4. Kebun tanaman obat
Kebun tanaman obat yang tersebar di seluruh area kebun P4TK. Puskesmas Mojoagung menjadi media penyuluhan bagi masyarakat umum. Selain digunakan sebagai bahan baku pelayanan pengobatan hasil kebun juga disediakan bagi masyarakat yang membutuhkan berupa : bibit tanaman, tanaman segar dan simplisia utuh atau serbuk.

Artikel : Sumantri, AMd.Akp, S.Psi.
Upload by : Abdul Aziz, Amd.Per.Kes.

Iklan

Satu tanggapan untuk “TINJAUAN DINAS KESEHATAN PROPINSI JAWA TIMUR KE PUSKESMAS MOJOAGUNG

  1. salam hormat,
    kami panitia seminar rekam medis memberitahuan bahwa kami akan mengadakan seminar rekam medis elektronika (RKE), dengan nilai SKP yang telah ditentukan. dan apabila dari bapak ibu berkenan kami persilahkan mendaftarkan diri di kepanitaan kami di :
    PANITIA SEMINAR HIMPUNAN MAHASISWA REKAM MEDIS D3 PMIK STIA MALANG
    SEKRETARIATAN : Jl. Baiduri Bulan No. 1 Malang Tlp 0341 5530401 Fax 0341 562768
    atas kerjasamanya dan perhatiannya terima kasih
    hormat kami,

    nur hudan ma’ruf

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s