TIM PENGGERAK PKK KAB. JOMBANG MENGGELAR ACARA MENINGKATKAN GIZI KELUARGA, MERACIK JAMU TRADISIONAL BERSAMA TIM HERBAL DAN OBAT TRADISIONAL PUSKESMAS MOJOAGUNG


Dewasa ini, masyarakat Indonesia dalam situasi kondisi perekonomian yang kurang menguntungkan, khususnya di bidang pemeliharaan. Ini memaksa kita untuk menengok kembali potensi alam nabati Indonesia dalam upaya menanggulangi berbagai penyakit atau gangguan kesehatan yang mungkin timbul.

Ketua Panitia memberikan sambutan
Ketua Panitia Memberikan Sambutan

Ada berbagai cara pengobatan tradisional yang telah berkembang di Indonesia. Salah satu diantaranya adalah memanfaatkan hasil alam nabati, aneka ragam tumbuhan yang ada di Indonesia yang merupakan Anugerah Tuhan YME. Dalam rangka meningkatkan gizi keluarga, meracik jamu tradisional yang diadakan oleh Ibu-ibu Penggerak PKK Kab. Jombang, Puskesmas Mojoagung menyambut dengan senang hati karena dapat memberikan informasi yang kecil tapi dengan manfaat yang begitu besar bagi kehidupan.

Peserta Pelatihan
Peserta Pelatihan

Jelas kata, penggunaan tumbuhan obat tidak sesederhana yang dipikirkan orang selama ini. Semuanya harus dipelajari dan memerlukan pengalaman tersendiri. Salah mengenali tumbuhan obat yang dimaksud juga tidak akan menyembuhkan penyakit. Apalagi, salah menggabungkan beberapa tumbuhan obat yang khasiatnya berlawanan.

Dengan tenaga Ahli Herbal dan Obat Tradisional Puskesmas Mojoagung yang di promotori oleh Bpk. Sumantri, Amd.Akp, S.Psi. (dkk) mempraktekkan bagaimana membuat serta meracik Jamu yang benar sampai dengan salep, diantaranya ; cara membuat teh kesehatan, salep pegagan, obat jerawat, krem malam, body lotion dan jamu untuk kecerdasan anak.

Bpk. Sumantri, AMd.Akp,S.Psi (Ahli Akupunktur, Herbal & Obat Tradisional)
Bpk. Sumantri, AMd.Akp,S.Psi (Ahli Akupunktur, Herbal & Obat Tradisional)

Dalam acara ini Ibu-ibu PKK yang hadir sangat antusias sekali karena bisa melihat langsung bagaimana cara membuat dan meracik jamu yang benar serta langsung dapat menanyakan apa yang belum dapat dimengerti, apalagi setelah di praktekkan oleh Bpk. Sumantri, Amd.Akp, S.Psi (dkk) hasil racikan dari praktek tadi dapat dinikmati langsung oleh peserta pelatihan.

R.Happy Yuliasari, S.Farm,Apt. & Bpk. Sumantri, AMd.Akp,S.Psi (praktek meracik jamu)
R.Happy Yuliasari, S.Farm,Apt. & Bpk. Sumantri, AMd.Akp,S.Psi (praktek meracik jamu)

Semoga sedikit dari cerita ini dapat memberikan pandangan serta manfaat obat tradisional yang telah turun-temurun terwarisi oleh nenek moyang bagi kehidupan kita dan selamat mempraktekkan, amin.

Tim Herbal dan Obat Tradisional Puskesmas Mojoagung :
1. dr. Sriwulani Sumargo, SpRad, M.Kes.
2. Sumantri, AMd.Akp, S.Psi.
3. dr. Intan Nurswida
4. R. Happy Yuliasari, S.Farm, Apt.
5. Abdul Aziz, AMd. Per.Kes.

Iklan

4 tanggapan untuk “TIM PENGGERAK PKK KAB. JOMBANG MENGGELAR ACARA MENINGKATKAN GIZI KELUARGA, MERACIK JAMU TRADISIONAL BERSAMA TIM HERBAL DAN OBAT TRADISIONAL PUSKESMAS MOJOAGUNG

  1. Tanaman obat tradisional asli Indonesia memang harus dilestarikan. Salut atas upaya kreatifnya puskesmas Mojoagung.
    Hallo..SALAM Kenal kembali. Sekadar info ya, Blog puskesmas ini, sudah dimasukkan lagi dalam lintas puskel di sidebar blog http://www.puskel.com (transformasi baru dari blog puskelinfo sebelumnya) tentang Info Seputar Puskesmas. Silakan dicek dan bisa tukaran linknya.
    Terimakasih kerjasamanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s