KISAH MENARIK SAAT “OPERASI KATARAK GRATIS” DI PUSKESMAS MOJOAGUNG


Seorang peserta operasi katarak yang sudah mengantri sejak pagi hingga petang mendadak gagal di operasi. Gagalnya operasi ini bukan disebabkan alasan medis seperti tingginya tekanan darah, menderita konjungtivitis ataupun tingginya kadar gula seperti yang kebanyakan orang batal dioperasi, tetapi kali ini ada seorang pasien yang batal operasi karena mengalami ketakutan yang hebat. Pasien ini sudah lolos skreening 2 kali sebelum pelaksanaan operasi dan sudah mengantri di Puskesmas Mojoagung sejak pagi hingga petang saat dia harus masuk ke kamar operasi. Ternyata setelah dimasukkan ke kamar operasi beliau ketakutan . Petugas kesehatan baik dokter dan perawat sudah meyakinkan bahwa operasi katarak ini aman sebagaimana yang telah dilakukan pada puluhan pasien sebelumnya, tetapi pasien ini tetap saja ketakutan dan memutuskan tidak melanjutkan untuk dilakukan operasi. Tentu saja hal ini direspon dengan sangat kecewa oleh keluarga pasien ini yang sudah berangkat bersama sama ke Puskesmas Mojoagung sejak jam setengah enam pagi.
Diatas adalah sepintas kisah dari operasi katarak masal dan gratis yang diikuti sebanyak 80 peserta dari wilayah Jombang sekitarnya. Acara yang diadakan pada tanggal 9 Desember 2009 ini terselenggara oleh kerjasama 3 pihak yaitu Puskesmas Mojoagung, PERTAMINA, dan RS Mata Fatma Sepanjang. Setiap periode jumlah kuota mata untuk dioperasi semakin meingkat. Meskipun begitu sama sekali tidak mengurangi jumlah peserta yang mendaftar untuk mengikuti operasi katarak gratis di Puskesmas Mojoagung, bahkan tiap periode peserta skreening pasti membeludak memenuhi halaman Puskesmas Mojoagung.
” Tergantung sponsornya, Mbak. Semakin besar dana yang dikucurkan oleh sponsor ya semakin banyak yang bisa dioperasi ” ulas Zainul Arifin Amd.Kep koordinator Acara Operasi Katarak Gratis dari Puskesmas Mojoagung. Dalam rangka HKN 2009 ini pihak Pertamina mampu menanggung biaya operasi sebanyak 2 gelombang. Gelombang I berhasil mengoperasi sebanyak 61 mata sedangkan pada operasi Gelombang II ini sebanyak 80 mata, sehingga total 141 mata. Pertamina sebagai penyandang dana dan sponsor utama setiap tahun meningkatkan alokasi dana yang digunakan untuk bakti sosial membantu masyarakat yang kurang mampu misalnya dengan operasi katarak seperti ini. Puskesmas Mojoagung sebagai koordinator acara ,penyedia lokasi dan peserta, penyedia lokasi perawatan dan penyedia tim support tentu tak kalah penting peranannya dalam acara ini.
Masyarakat sangat berterima kasih atas terselenggaranya acara Operasi Katarak Gratis dan berharap semoga tetap terus terlaksana setiap tahunnya. Puskesmas Mojoagung juga berharap adanya sponsor dan donatur yang bersedia rutin untuk mendanai acara yang sangat bermanfaat seperti ini.
(written by. Intan)

Iklan

8 tanggapan untuk “KISAH MENARIK SAAT “OPERASI KATARAK GRATIS” DI PUSKESMAS MOJOAGUNG

  1. sangat disayangkan sekali ya yach…padahal pasien tersebut telah memenuhi berbagai persyaratan,baik secara medis maupun non medis…tapi ndak apa2,mungkin utk tahun depan keberanian pasien tersebut bisa muncul…dan semoga Puskesmas Mojoagung bisa tetap bekerja sama dengan RS Mata Fatma…Amien…

  2. Ralat buat penulis:
    Pembiayaan operasi katarak dalam rangka HKN 2009 gelombang pertama sebanyak 55 mata adalah dari pemerintah kabupaten jombang melalui dinas kesehatan kabupaten jombang, cq seksi yankes.
    Jadi, yang dibantu oleh pertamina adalah 80 orang (mata)
    Selain itu, pertamina membiayai pula operasi bibir sumbing 6 anak

  3. Kpd yth Bpk.Kepala Puskesmas Mojoagung..
    Mungkin kegiatan operasi katarak massal dpt mencontoh program penanngulangan kebutaan karena katarak Proyek Jabar I di Kabupaten Bogor..dimana setiap tahun sudah rutin terjadwal.Mengenai anggaran dari APBD,Demikian.Salam Sejawat.

    1. Kpd Yth Sejawat Andrian Wulur

      Sarannya baik sekali, sudah saya sampaikan dinkeskab Jombang usulannya, moga ditindaklanjuti,krn utk anggaran APBD puskesmas tidak bisa bergerak sendiri. Sy sbg ka puskesmas sangat ingin membantu penanggulangan kebutaan akibat katarak, terutama bagi px yg msh produktif sec ekonomi. Sy juga bingung kl ditanya px, sementara donatur blm ada.
      Terimakasih bergab dg kami.

      dr.Sriwulani SpRad.,M.Kes

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s