SURVEY KECACINGAN DI SDN MURUKAN KECAMATAN MOJOAGUNG


Serangan Cacing di Mojoagung

SDN Murukan Mojoagung terpilih untuk disurvey dalam rangka untuk mengetahui prevalensi dan KAP (pengetahuan, sikap dan perilaku) pada Murid SD/MI tentang penyakit cacingan di Jawa Timur, sasarannya adalah siswa kelas 3,4,dan 5. Wilayah Jombang dipilih dari 2 kecamatan yaitu Mojoagung dan Ploso. Dari Mojoagung dipilih SD Murukan karena pada penelitian Dokter Muda pernah ditemukan kejadian cacingan didaerah Desa Murukan Kecamatan Mojoagung. Dari Kecamatan Ploso di dilakukan survey di SD Rejoagung.

Tiap SD diambil 100 sampel, metode yang dilakukan dengan memberikan pot untuk menampung feces yang bisa dibawa pulang oleh siswa dan keesokan harinya diserahkan untuk dilakukan pemeriksaan dengan Metode Kato-Katz. Pemeriksaan feces siswa-siswa SD ini dilakukan oleh petugas dari Dinas Kesehatan Provinsi dibantu oleh laboran dari Puskesmas Mojoagung dan Ploso. Puskesmas Mojoagung hanya menyediakan tempat untuk pelaksanaan acara ini.

pemeriksaan feces dengan metode kato katz di puskesmas mojoagung

Siswa sebagai subyek survey juga diberi pertanyaan oleh petugas sesuai dengan questioner mengenai pengetahuan siswa tentang penyakit kecacingan. Bila hasil survey ditemukan telur cacing maka pihak Puskesmas harus memberikan pengobatan kepada siswa tersebut. Survey ini mencari telur cacing Gelang, cacing Tambang dan cacing Cambuk. Acara survey ini dilakukan atas kerjasama Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Dinas Kesehatan Kabupaten dan Puskesmas.

survey kecacingan di puskesmas mojoagung

Menurut ibu Umaysaroh Amd.Lab (laboran Puskesmas Mojoagung), hasil dari survey ini ditemukan masing-masing 1 sampel dengan telur Cacing Cambuk, Cacing Gelang dan Cacing Tambang. Sampel yang mengadung cacing ini ditemukan dari daerah Murukan Mojoagung, sehingga harus ditindak lanjuti dengan pengobatan kecacingan didaerah ini. Puskesmas Mojoagung memang pernah didatangi beberapa pasien yang menderita Cutaneus Larva Migran.Biasanya pasien datang dengan keluhan gatal yang tida k sembuh dengan obat salep dan pil dan di kulit muncul bentuk yang berkelok-kelok.

Sementara itu dari daerah Ploso sama sekali tidak ditemukan telur cacing.


Iklan

Satu tanggapan untuk “SURVEY KECACINGAN DI SDN MURUKAN KECAMATAN MOJOAGUNG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s