OPERASI KATARAK MASAL di PUSKESMAS MOJOAGUNG


Suasana Post op katarak di Puskesmas Mojoagung

“Kami sangat bersyukur dengan diadakannya operasi katarak gratis di Puskesmas Mojoagung, karena ini sangat membantu bagi masyarakat yang kurang mampu “ ucap bapak Husni Ahmad yang sempat ditemui wartawan blog Puskesmas Mojoagung disela-sela acara control pasca operasi Katarak Gratis di Puskesmas Mojoagung tanggal 11 November 2009. Acara yang terselenggara atas kerjasama Puskesmas Mojoagung, RS Mata Fatma Sepanjang dengan Pertamina ini berhasil mengoperasi sebanyak 61 mata katarak.

Antri menunggu operasi katarak gratis di Puskesmas Mojoagung

Dari Kuota yang disediakan sebanyak 55 mata, pada saat screening dihadiri oleh 134 orang penderita katarak, tetapi yang lolos screening hanya 85 orang saja yang positif menderita katarak. Dari ke 85 orang yang dipanggil untuk mengikuti operasi tanggal 11 November hanya 64 orang saja. Antusiasme masyarakat untuk mengikuti acara Operasi Katarak Gratis ini sangat tinggi, meskipun yang dipanggil hanya 64 orang tetapi yang datang pada Hari-H mencapai 72 orang. Setelah dilakukan screening ulang hanya 61 orang saja yang boleh mengikuti operasi. Beberapa orang gagal mengikuti operasi ini karena kadar gula darahnya terlalu tinggi dan ada juga karena menderita konjungtivitis (radang selaput mata) sehingga berbahaya bila tetap dilakukan tindakan operasi di mata.

Pemeriksaan mata saat operasi katarak di puskesmas Mojoagung

Selama operasi berlangsung lancar tidak ada hambatan. Sedikit masalah yang dihadapi adalah adanya pemadaman listrik dari PLN sehingga untuk pelaksanaan operasi yang berlangsung dari pukul 16.30 hingga 20.30  harus menggunakan listrik dari Genset.

Demi kepuasan pelayanan kepada pelanggan setia, Puskesmas Mojoagung akan mengadakan Operasi Katarak Gratis Gelombang 2 yang rencananya akan diadakan pada tanggal 9 Desember 2009. Untuk screening akan dilaksanakan tanggal 3 Desember 2009. Menurut bapak Zainul Arifin Amd.Kep coordinator acara Operasi Katarak Gratis, masih ada lowongan 25 mata dari kuota 70 mata yang disediakan. Lowongan untuk dioperasi ini tetap dikhususkan bagi penderita katarak dari kalangan masyarakat miskin. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi bapak Zainul Arifin amd.Kep di Puskesmas Mojoagung (jam kerja) telp. 0321-495048.

Kamar Operasi di Puskesmas Mojoagung
Iklan

3 tanggapan untuk “OPERASI KATARAK MASAL di PUSKESMAS MOJOAGUNG

  1. Alhamdulillah acaranya sukses dan lancar semua….
    Saya mewakili RS Mata Fatma selaku pelaksana Operasi Katarak mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami tim RS Mata Fatma Sepanjang dan memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kekurangan….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s