HUBUNGAN ASMA DENGAN GERD (GASTROESOFAGEAL REFLUX DISEASE)?


Seringkali pasien bertanya kepada kita , mengapa sebelum asmanya kambuh , perut terasa perih dan mual ? atau ada juga yang bertanya kenapa setelah serangan asma kok perut terasa perih, panas dan mual ?. Dulu saya berpikir kalau itu disebabkan “hanya” karena terapi asma yang menggunakan kortikosteroid dimana obat ini memang bisa menimbulkan efek samping gastritis atau ulkus peptikum. Tetapi setelah saya browsing di internet ternyata ada tulisan menarik yang dikupas tuntas oleh A.Dina Abidin H.Mahdi (Sub Bagian Alergi-Imunologi-Bagian Ilmu Penyakit Dalam RSUPN Dr.Ciptomangunkusumo Jakarta) yang ditulis pada CDK 166/vol.35 no 7/November-Desember 2008 dengan judul Asma Bronkial – Hubungannya dengan GERD.

Pada pendahuluan beliau menyatakan bahwa GERD didapatkan pada 60% penderita asma bronkial. Persentase 60% merupakan suatu angka yang besar untuk dicermati lebih lanjut tentunya dan tentu saja harus diterapi dengan tepat.

Berikut sedikit ringkasan dari tulisan beliau :

Dalam keadaan normal GERD ini tidak terjadi karena adanya mekanisme anti refluk pada Lower Esofageal Spincter (LES). Refluk ini terjadi bila tidak ada (hilangnya) perbedaan tekanan antara LES dengan laring. Ada beberapa teori yang dikemukakan mengenai hubungan GERD dengan Asma antara lain adalah : Stimulasi pada reflek esofagopulmnaris/esofagolaringeal, reflek dari esofagus bagian distal menstimuli reflek vagal yang menyebabkan bronkokonstriksi ( reflux theory). Mekanisme lain adalah refluk esfagobrokhial ; asam dari esofagus dapat menstimuli reseptor asam yang sensitif disaluran nafas bagian atas, menimbulkan bronkospasme.

Pada pembahasan dinyatakan bahwa gastroesofageal reflux didapatkan pada 45-89% penderita asma, hal ini mungkin disebabkan oleh refluks esofageal, refluksesfagopulmoner dan bat relaksan otot polos yaitu golongan betha adrenergik, aminofilin, inhibitr fosfodiesterase menyebabkan inkompetensi LES esfagus. Gambaran klinis dari GERD ini adanya rasa asam di mulut , nyeri ulu hati, dan disfagi. Jika zat refluk mengenai faring dan mulut menyebabkan laringitis, suara parau dan pneumonia aspirasi, fibrosis paru dan asma kronis.

Para peneliti masih berbeda pendapat mengenai pengobatan GERD dapat mengurangi dosis pengobatan asma dan meningkatkan faal paru. Tujuan pengobatan adalah mengobati asma dan GERD sekaligus mengurangi refluks esfageal dan memproteksi mukosa esofagus. Saran beliau adalah Asma dan GERD harus diobati secara bersama-sama untuk mengindari komplikasi yang lebih berat.

Pengobatan

GERD Ringan

  • mengubah gaya hidup
  • obat anti sekretan

GERD Sedang

  • Simetidin 300 mg bid 6-12 mgg
  • Famotidin 150 mg bid 6-12 mgg

GERD Berat

  • Omeperazole 40 mg/hr 8m gg
  • Lanzoprazole 30 mg/hr 8 mgg

Operasi dilakukan bila refluk presisten terhadap pengobatan

Sumber klik disini

Iklan

2 tanggapan untuk “HUBUNGAN ASMA DENGAN GERD (GASTROESOFAGEAL REFLUX DISEASE)?

  1. Jika ada anggota keluarga yg punya Asthma, perhatikan pemicunya.
    Asthma mempunyai banyak pemicu, skalipun di tiap individu berbeda2 pemicunya, GERD adalah salah satu penyebabnya
    Satu hal pasti: Stress & Mind-set yg salah adalah salah satu pemicu munculnya Asthma yg jika berlangsung scr berkesinambungan menjadi pemicu terjadinya GERD.

  2. Untuk GERD yang lebih berat seperti saya disarankan oleh dokter untuk menstop obat2an rumah sakit , karena saya termasuk parah, bisa dibilang kalo minum obat tersebut lambung langsung perih aka terkikis.

    Dan saya sudah mencoba berbagai obat2an, sampai 5 kali ganti dokter hasilnya nihil, endoskopi menyimpulkan bahwa saya pendirita GERD, sekarang saya sudah ada solusinya.

    kalo mau tau kesini aja
    http://untungsehat.blogspot.com/p/obat-herbal-gerd.html
    Semoga membantu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s