KATARAK PADA PENDERITA DIABETES


Penderita katarak di Indonesia merupakan yang terbesar se Asia, dimana diabetes menjadi salah satu pemicu adanya katarak ini. Katarak karena diabetes terjadi karena penimbunan sorbitol di lensa mata sehingga terjadi kekeruhan.

Katarak terdiri dari 4 stadium yaitu insipien, imatur, matur dan hiper matur. Pada stadium imatur dan hipermatur kadang kala juga terjadi komplikasi glaukoma (peningkatan tekanan bola mata). Pada penderita katarak dengan diabetes, progresifitas stadium katarak dapat dicegah dengan menstabilkan gula darah pada kondisi “normal” untuk penderita diabetes.

Operasi katarak saat ini sudah dapat dilakukan dalam stadium yang dini, jadi tidak harus menunggu matur atau ada komlikasi terlebih dahulu untuk dilakukan operasi. Operasi katarak ditujukan untuk meningkatkan kualitas hidup para penderita katarak. Sementara hasil operasi katarak tergantung ada tidaknya komplikasi, visus awal, dan ada tidaknya kerusakan syaraf.

Diatas adalah sedikit materi tentang Katarak pada penderita diabetes yang disampaikan leh bapak Zainul Arifin Amd.Kep dalam acara bulanan pertemuan PSKM (Paguyuban Sehat Kencing Manis) di ruang pertemuan lantai 2 Puskesmas Mojoagung pada hari Sabtu tanggal

Di Puskesmas Mojoagung rencananya akan diadakan bakti sosial operasi katarak pada akhir bulan April 2009. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi bapak Zainul Arifin Amd.Kep di Poli Mata Puskesmas Mojoagung pada jam kerja.

Iklan

2 tanggapan untuk “KATARAK PADA PENDERITA DIABETES

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s