TRIK MENINGKATKAN RATING BLOG (Bag.2)


Sudah sukses mendaftar di Yahoo dan Google, kenapa tidak bisa muncul di halaman satu ???

Setelah sukses mendaftarkan blog Anda ke search engine tunggulah beberapa hari Anda akan mendapatkan email balasan dari search engine tersebut, ada yang mengatakan langsung diterima request Anda ada yang yang harus mendaftar dulu disitu.

Saat blog anda sudah terdaftar, cobalah search kata kunci tertentu yang menggambarkan blog anda, misal : untuk blog Puskesmas Mojoagung bisa memakai kata kunci, mojoagung, puskesmas mojoagung, puskesmas, blog puskesmas.

Masalah yang muncul untuk blog pemula adalah tidak munculnya blog Anda di halaman pertama sebuah search engine, padahal kalau munculnya di halaman –halaman lebih dari 3 akan membuat malas para pencari. Bagaimana agar search engine melirik blog anda agar di masukkan ke halaman pertama ????

Ada beberapa trik agar menaikkan rating blog Anda dan dipajang di halaman pertama oleh sebuah search engine. Yang harus diingat bahwa search engine (mesin pencari) adalah sebuah mesin dan bukan manusia sehingga yang menjadikan munculnya web dihalaman pertama bukan karena penampilannya yang menarik atau menyolok di mata tetapi cenderung kepada kekuatan kata-kata (kosakata).

10 Trik Meningkatkan Rating Blog Ala Puskesmas Mojoagung

  1. Buat judul yang menarik karena kekuatan judul akan menarik search engine sekaligus pembaca untuk meluncur ke blog Anda.
  2. Buat tema yang menarik, sedang trend, sedang banyak dicari, unik, beda dan jarang ada . Kadangkala hal yang sangat jarang dibahas orang itu bisa menjadi sebuah Top Search.Misalnya diblog Puskesmas Mojoagung ini top searchnya adalah tentang hal-hal yang jarang dibahas orang (modisco, teeth bleeching, scalp akupuntur, tim gadar dan takakura)
  3. Buat tulisan yang panjang (jangan cuma satu paragraf) dengan menggunakan pengulangan kata kunci. Misalnya ingin terkenal dengan kata kunci Puskesmas Mojoagung ya harus membuat tulisan dengan mengulang-ulang kata- kata Puskesmas Mojoagung dalam artikel-artikelnya. Bukannya narsis tapi adanya pengulangan kata kunci akan memperkuat posisi tulisan itu disebuah search engine.
  4. Buat tulisan dengan topik sebanyak mungkin. Misalnya untuk sebuah blog Puskesmas tidak hanya membahas berita yang terjadi didalam Puskesmas itu saja tetapi bisa juga di tambahkan artikel kesehatan, tips-tips, terjemahan jurnal, dan info terbaru dari DINKES atau PEMDA. Bisa juga membuat rubrik Konsultasi On Line, ada seorang pasien yang berkonsultasi dengan saya lewat rubric konsultasi Online dan ditindak lanjuti dengan kosultasi langsung di Puskesmas Mojoagung.
  5. Usahakan rutin posting artikel Anda karena bila lama tidak posting akan tertumpuk artikel orang lain.
  6. Paragraf pertama dari tulisan harus menarik minat pembaca karena beberapa search engine akan menampilkan paragraph pertama ini di tampilan. Sementara beberapa search engine lebih memilih menampilkan tag-tag yang ada didalam blog, jadi jangan lupa mengisi selengkap mungkin tag-tag yang sesuai dengan tulisan Anda.
  7. Gunakan link masuk dan link keluar didalam blog Anda. Usahakan Anda me link ke web/blog yang pageranknya lebih besar dari blog Anda. Bisa juga tukeran link antar blogger atau Anda membuat sendiri sebuah halaman khusus untuk menulis link. Misalnya diblog Puskesmas Mojoagung terletak pada halaman Lain-lain.
  8. Design dan Layout gunakan yang simple agar mudah dibuka. Pembaca dengan koneksi internet lambat lebih memilih yang mudah dibuka. Background blog usahakan memakai warna yang terang, yang sudah sangat terkenal saja seperti Yahoo dan Google memakai warna putih sebagai background dengan tulisan hitam karena menurut saya lebih “eye catching” ketimbang blog yang memakai background hitam dengan tulisan putih (bisa dibayangkan bukan ??)
  9. Sering – sering berkunjung dan meninggalkan komentar di blog orang, akan mempererat silahturahmi sekaligus meninggalkan jejak link di web/blog yang Anda kunjungi.
  10. Tulis juga artikel anda di lintasberita.com

Bahan Bacaan :

1. Tips sukses menulis di Blog

2. Guna Tukar Link dengan blog Popular

3. Tips menaikkan rating blog

4. [Tips] Meningkatkan Rating Web

5. Buku : Google is My Salesman

Iklan

22 tanggapan untuk “TRIK MENINGKATKAN RATING BLOG (Bag.2)

  1. wah terimakasih bu, ilmu yang sip… bisa ikut belajar naikkin ratting.. nah untuk prakteknya langsung saya minta ijin telah memasang link ke blog ini di blog saya.. hehe..

  2. to : Raharjo
    bisa aja neh mas Jojok ini, sampeyan kan yang pakarnya IT, saya itu cuman mau menjawab request dari fans blog Puskesmas Mojoagung aja. Makasih sudah mau mencantumkan link Puskesmas Mojoagung, link sampeyan ya sudah saya masukkan di halaman Lain-lain

    to: kellyamareta
    salam kenal, silahkan dicoba

    to: Dasar
    silahkan tanya langsung juga gak papa pak, cuman kalau mau minta pelatihan ya nanti dulu nunggu ngumpul paling tidak 20 orang ya…sama saya siap siap buat power pointnya dulu

  3. to intan : memang gertak mas berlian perlu diganti gertak mbak intan. gerakan serentak membuat akkun internetan…setuju?

  4. To: dey
    Ada bocoran nih. PKM Mojoagung mau menularkan virus nge-blog pada orang-orang didesa. Rencananya masih minggu depan biar pemilunya reda dulu, mau bantu kita menularkan virus nge-blog ???

    To :maz
    Monggo silakan kalau mau ditiru ya syukur, ikuti terus berita terbaru di Blog PKM Mojoagung

    to: agusnursalam
    Silahkan-silahkan. MAtur suwun kalau mau belajar dari kita

  5. jadi pelatihan buat aparat nih bu ? wah kalau di kampung saya virus yang ada virus chating via HP, itu anak2 muda skrg nongkrong sambil senyum2 sendiri megang HP hehe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s