TIM ALTERNATIF MEDICINE (lagi) diundang jadi pembicara pada pertemuan PKK


Pertemuan PKK yang berlangsung di Kantor Kecamatan Mojoagung tanggal 17 Februari 2009 berlangsung meriah. Pertemuan PKK ini tidak berlangsung seperti biasanya karena hadirnya Tim Alternatif Medicine dari Puskesmas Mojoagung yang lengkap membawa ambulan yang penuh dengan lebih dari 10 pot berisi tanaman obat dan Bu Siti membawa produk herbalnya (instan, simplisia, capsul).

Seperti biasa Tim dari Puskesmas Mojoagung memberikan presentasi dengan menggunakan Power Point agar bisa menayangkan gambar-gambar tanaman herbal ini. Acara dimulai sekitar pukul 10.30 dengan materi pertama dari Mbak Happy (Apoteker Puskesmas Mojoagung ) yang menerangkan masalah obat herbal untuk Obesitas. Tanaman yang bisa dipakai antara lain Jati Belanda dan Kemuning.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Pak Sumantri (Poli Akupuntur Puskesmas Mojoagung mengenai Akupressure untuk kecantikan. Ibu Camat Mojoagung sempat menjadi model akupressure kecantikan ini, begitu juga Ibu Kepala Desa Mojotrisno juga ikut mencoba memperagakannya. Materi dilanjutkan dengan Jenis-jenis herbal yang dapat digunakan untuk Usila (Usia lanjut). Disini herbal yang bisa dipakai antara lain adalah pegagan (Cantela asiatica).

Acara dilanjutkan dengan menunjukkan tanaman herbal (hidup) di pot yang telah dipersiapkan dengan menjelaskan setiap kegunaannya.

Informasi mengenai tanaman herbal dapat diperolah di Poli Akupuntur Puskesmas Mojoagung.

Iklan

7 tanggapan untuk “TIM ALTERNATIF MEDICINE (lagi) diundang jadi pembicara pada pertemuan PKK

  1. Selamat menggali obat tradisional Indonesia….
    Sambil menulis comment ini, saya nonton Si DOEL anak Betawi… Menurut nyanyiannya katenye : Kerjanye Sembahyang Mengaji… eh.. Rasanya sampe EPISODE itu habis si DOEL tak pernah gitu itu …tuh….? Ade ape ye…???

  2. WAH Keren!
    Kalo Pengobatan Alternatif dengan menggunakan Obat Tradisional dan Herbal, saya sangat mendukung sekali. Asal jangan Pengobatan alternatif ala Ponari aja. ๐Ÿ™‚

    Regards,
    Salam Kenal Yah.

    (Saya ijin add..)

  3. to : Limpo 50
    Iye ye, kok si Doel gak di syuting pas sembahyang mengaji, pacaran doang ๐Ÿ˜€

    Soal pengobatan alternatif ini kita sudah praktek mulai 2007 lho pak, tapi kok ya sek kalah saingan sama Ponari yang baru 1 bulan praktek. Hehehe gak ngiri kok ๐Ÿ˜€

    to : Yudhi Gejali
    Kita berusaha mengembangkan pengobatan alternatif yang sudah ilmiah Dok, disini juga sudah belajar membudidayakan tanaman obat ini. Sementara yang jalan ya herbal dan akupuntur ini. Kira-kira ada yang berminat mensupport ????

  4. Pak Dok, seneng deh menemukan blog puskesmas dan didalamnya bertemu dengan aktifitas promosi tentang penggunaan herbal. Sekalipun saya pribadi relatif anti-obat kimia sintetis, bolehkah saya bertanya bagaimana puskesmas mojoagung (dan mungkin puskesmas lain) sampai pada keputuasn untuk mempromosikan penggunaan obat tersebut.

    Sependek yang saya tau, biasanya para dokter agak menghindar dari penggunaan herbal yang secara ilmiah belum terbukti kemanfaatnya maupun resikonya bagi pasien [sekalipun mungkin saja kalo dirumah tetep minum beras kencur demi kesegaran badan hehe].

    Saya tunggu bagi-bagi ceritanya…

  5. To: Tyas
    Di Puskesmas Mojoagung memang bisa menerima adanya pengobatan alternatif tapi dengan syarat sudah terbukti secara ilmiah. Untuk Akupuntur, kita memakai tenaga yang mempunyai ijasah kompetensi dan sertifikat yang diakui dinkes. Beliau lulusan D2 Akademi Akupuntur Surabaya. Untuk herbal kita masih dalam tahap pengembangan. Anda berminat berkunjung kemari ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s