Sosialisasi Hepatitis A


Puskesmas Mojoagung yang diwakili oleh dr. Yeni Kusumawati membahas masalah penyakit Hepatitis A yang sedang KLB di wilayah Kerja Puskesmas Gambiran (Kecamatan Mojoagung dibagi menjadi 2 wilayah kerja puskesmas yaitu Puskesmas Mojoagung dan Puskesmas Gambiran). Dokter Yeni berbicara didepan sekitar 40 orang kepala sekolah se-Kecamatan Mojoagung pada hari Selasa tanggal 17 Februari 2009. Acara yang diadakan di Sanggar Pramuka ini membahas masalah penyakit Hepatitis A berikut proses penularannya. KAsus hepatitis A sendiri sudah mengenai kurang lebih 44 orang di desa Gambiran, Betek , Kagulan (kec. Sumobito) dan menurut dokter Yeni sekitar 28 orang yang terkena penyakit ini adalah para pelajar sehingga perlu diberikan adanya sosialisasi mengenai penyakit Hepatitis A ini.

Penyakit Hepatitis A sendiri sebenarnya tidak terlalu berbahaya dan termasuk self limmiting disease (bisa sembuh sendiri), penularannya melalui oral-fecal route (dari makanan dan air yang tercemar dengan virus hepatitis A). Hepatitis A ini sering terjadi karena higine sanitasi yang kurang dan kurangnya informasi mengenai penyakit ini. Oleh karena itu Puskesmas Gambiran mengadakan sosialisasi ini.

Di laboratorium swadaya Puskesmas Mojoagung sudah menyediakan pemeriksaan untuk penyakit liver (hati) antara lain SGOT, SGPT, HbSAg, Bilirubin Total/Direk/Indirek, UL (bilirubin, urobilin).

Informasi mengenai Hepatitis ini bisa didapat di Puskesmas Mojoagung jalan Raya Miagan 327 Mojoagung telp 0321-495048

atau Puskesmas Gambiran (Sebelah Kantor Desa Gambiran )

Iklan

Satu tanggapan untuk “Sosialisasi Hepatitis A

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s