6 Nilai dasar Melayani dengan Hati


Beberapa kali pembaca mengajukan pertanyaan kepada kita yang antara lain :

-Wah, hebat juga Pak dokter yang satu ini. Apa kiatnya supaya kegiatannya bisa berhasil dok? (www.bedahumum.wordpress.com)

Berikut ini “sedikit” kita buka rahasia sukses Puskesmas Mojoagung hingga mencapai keberhasilan seperti sekarang ini.

Pada tanggal 31 Desember 2008 (hari terakhir di 2008 dimana tempat lain pada tutup) di Puskesmas Mojoagung diadakan Pertemuan Struktural untuk membahas 5 hal yaitu

  1. Review rencana strategis jangka pendek 2008
  2. Evaluasi berdasar rencana kerja strategis 2008
  3. Kebijakan yang diambil sd 2010
  4. Rencana kegiatan 2009
  5. Brainstorming and Sharing

(bentuk presentasinya bisa di buka disini klik )

Prinsip yang di terapkan adalah Pelayanan Sepenuh Hati dengan berusaha menerapkan nilai pelanggan

Yaitu :

  1. CHARITY

Definisi : murah hati, sesuai status sebagai Public Service

Implementasi : dalam hati mencintai pekerjaannya

Wajah Layanan : ketulusan dan keikhlasan dalam melayani

  1. COMPETENCE

Definisi : menguasai pekerjaan (tidak hanya di bidang medis tetapi juga networking/relationship)

Implementasi : kemauan untuk patuh terhadap standart / aturan

Wajah Layanan : profesionalisme

  1. CARE

Definisi : perduli dan penuh perhatian

Implementasi :siap siaga memenuhi kebutuhan pelanggan

Wajah Layanan : empati

  1. COMITMMENT

Definisi : Tekad realisasi janji pada diri dan pelanggan/ (rekanan), sesuai target

Implementasi : layak dipercaya, jujur

Wajah Layanan : pekerjaan yang tuntas, tanggung jawab yang tinggi

  1. CONSISTENT

Definisi : tekat sepanjang waktu

Implementasi : motivasi yang tak pernah pudar untuk mencapai cita-cita

Wajah Layanan : menjaga motivasi dengan semangat untuk memberi, daya juang yang tinggi (tidak mudah putus asa)

  1. CONTINUOUS

Definisi : proses yang berlangsung terus menerus

Implementasi : harus ada waktu untuk menyelesaikan tugas-tugas

Wajah layanan : Positive Relationship

Dari ke 6 Prinsip Pelayanan dengan Sepenuh Hati ini lah yang berusaha terus digalakkan dan di motivasikan ke seluruh staf di Puskesmas Mojoagung sehingga tercapailah kesuksesan-kesuksesan.

Penjabarannya sebagai berikut :

Charity

Sebagai Publik Service, para pelayan masyarakat harus melayani dengan tulus dan ikhlas , dan mencintai pekerjaannya (sebagai Public Service) sehingga spontan wajah kita saat melayani pasti dihiasi dengan senyum

Competence

Di Puskesmas Mojoagung telah dibuat protap-protap dalam pelayanan, dan motivasi terus diberikan untuk menjalankan protap yang telah dibuat. Peningkatan pengetahuan staf dilakukan dengan membuat koordinator bagian Diklat (dr. Noviani) dimana beliau mengatur jadwal untuk staf mengikuti pelatihan, seminar ataupun workshop dan hasilnya wajib untuk di presentasikan kepada staf lain yang, beliau juga mengadakan seminar atau pelatihan intern Puskesmas, atau cuma sekadar sosialisasi program dan ilmu.

Care

Selalu siap siaga memenuhi kebutuhan pelanggan dengan adanya pelayanan 24 jam non stop, dengan memenuhi segala kebutuhan pelanggan misalnya menanggapi complain pasient dalam waktu kurang dar 15 menit (tentang obat, infus habis, keluhan dll),tempat tidur yang cukup, kamar yang nyaman, kamar mandi yang bersih dll.

Comitment

Saat kita mengadakan operasi katarak dengan bekerjasama dengan PERTAMINA dengan target 40 mata, sementara pada pelaksanaan hari-H hanya berhasil mengperasi 26 mata,sehingga masih hutang 14 mata. Dan hutang itu segera di selesaikan dengan berhasil mengoperasi 20 mata dengan biaya yang tetap (dapat memberikan lebih 6 mata), dalam waktu kurang dari 10 hari.

Consistent

Tekat sepanjang waktu yang tidak pernah pudar untuk mencapai cita –cita menjadi Puskesmas yang “TERPERCAYA “

Continuous

Keberhasilan dan kerjasama yang telah terjalin diusahakan tetap berlangsung dengan baik. Begitu juga hubungan intern di Puskesmas

Bila pembaca masih penasaran dengan ini, dan merasa belum berhasil maka ingatlah :

ANDA MERASA GAGAL?

ENSTEIN BERKATA ENERGI ADALAH KEKAL

RUMUS

∑ AU = HT + TE

AU=AMAL USAHA =energi keluar

HT=HASIL TUNAI=hasil langsung dirasakan

TE=TABUNGAN ENERGI=hasil

Tidak ada yang sia-sia dalam hidup ini.

Sekian Terima Kasih

Iklan

4 tanggapan untuk “6 Nilai dasar Melayani dengan Hati

  1. Wow…………….. Ternyata banyak hal bisa dipelajari dari sini.
    Boleh kan kami belajar di sini ?………………….
    Bagaimana membangun sebuah PUSKESMAS IDAMAN di Nganjuk,di tempat kami bekerja.
    Good luck.
    Salam dr Yenny. Ini mbak Tien

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s