AGENDA ACARA MINGGU KEDUA JANUARI 2009


Setelah libur panjang akhir tahun 2008 (Puskesmas Mojoagung tetap buka 24 jam), dimulailah babak baru di tahun baru 2009. Suasana baru, semangat kerja yang baru, orang-orang yang baru dan juga tentu saja prestasi-prestasi yang baru semoga bisa di raih dalam perjalanan 2009 mendatang. Kesuksesan di masa lampau semoga dapat ditutupi dengan kesuksesan yang lebih banyak dan bermutu di tahun 2009 ini.

Sosialisasi BSC (Balanced Scorecard) di Puskesmas Mojoagung

Awal 2009, tepatnya tanggal 5 Januari 2009 diawali dengan “kuliah” bersama tentang BSC (Balanced Score Card) yang diberikan oleh drg. Nyoman Anita Damayanti ,M.Kes beserta tim (drg. Ernawati,M.Kes dan Ratnawati, S.KM, M.Kes) dari Bagian Administrasi Dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga. Kuliah BSC ini diikuti oleh seluruh staf Puskesmas Mojoagung dari pukul 10.00 WIB hingga sore hari pukul 15.00 WIB. Diharapkan setelah mendapat materi BSC ini Puskesmas Mojoagung mampu menerapkan BSC untuk mengevaluasi setiap hal yang ada, karena Puskesmas Mojoagung merupakan salah satu Puskesmas di Jawa Timur yang terpilih untuk bisa menerapkan BSC ini.

BSC sendiri diterapkan sesuai dengan Surat Edaran Gubernur Jawa Timur NO. 065/5752/041/2007 sebagai tindak lanjut penetapan Jawa Timur sebagai Propinsi Percontohan Pelayanan Publik dan Aksi gelar Pelayanan Publik di Jawa Timur, perlu dilakukan lankah-langkah invatif untuk mengembangkan model-model pelayanan yang lebih berpihak pada kepentingan masyarakat . Berkaitan dengan Puskesmas perlu dilakukan penataan kembali sistem/pola pelayanan dengan mengadopsi dan mengintrdusir model pelayanan berbasis Citizen Charter dan nilai-nilai kewirausahaan (enterprenership) sebagai bagian dari proses pelayanan. Tujuannya untuk meningkatkan kemandirian dalam puskesmas di daerah. Implementasinya rerangka BSC adalah sebagai alat bantu yang jitu untuk menuju kesuksesan organisasi.

Penyampaian materi yang berjudul “ Diseminasi Implementasi Rerangka Balanced Scorecard Penyusunan Puskesmas Masa Depan Di Jawa Timur” sangatlah menarik. Meskipun Puskesmas Mojoagung telah lulus Audit dari WQA dan masuk majalah Tempo tetapi oleh “auditor” dari tim BSC FKM Unair ini ternyata masih banyak sekali hal-hal yang dikomentari cukup pedas, misalnya masalah kebersihan kamar mandi pasien, peletakan sabun mandi, peletakan pispot, peletakan papan alur pelayanan, adanya tukang bakso di depan pintu masuk Puskesmas, dan laiinya. Hal-hal yang mungkin selama ini dianggap sepele oleh kita (mungkin juga oleh Puskesmas yang lain) ternyata menjadi bahan foto yang menarik bagi mereka (Tim BSC), dimana diakhir sesi diulas dan dikomentari cukup panjang. Hal menarik lainnya dari kunjungan ini adalah bahwa tentang Enterpreneur, jangan yang ada di benak kita hanya tentang “UANG” tetapi bahwa enterpreneur disini tentang adanya “VALUE ADDED” peningkatan nilai sosial dan ekonomi untuk masyarakat sekitarnya.{ Puskesmas sendiri sebagai enterpreneur sekaligus sebagai public service memang tidak mencari untung tetapi boleh saja untung.}

Untuk kunjungan awal ini Puskesmas Mojoagung sudah di diagnosa awal sebagai Puskesmas Enterpreneur Awal.

Berikut adalah sedikit materi tentang BSC (Balanced Scorecard) :

Definisi: Measurement and management system that views a “business” unit’s performance from four perspective: financial ,customer, internal business process, and learning and growth

BSC : Suatu alat pengukur dan driver peningkatan kinerja organisasi secara comprehensive dalam 4 perspective :.

1. Perspective pembelajaran dan pertumbuhan (pengelolaan SDM)

Untuk mencapai visi rganisasi , apa yang harus kita lakukan guna mempertahankan kemampuan kita untuk berubah dan berkembang ???

2. Perpective proses bisnis internal (pengelolaan pelayanan)

Bagaimana mengella proses pelayanan , agar mampu memuaskan seluruh share holder dan customer?

3. Perspective customer (pengelolaan customer)

Bagaimana upaya kita agar mampu menampilkan kinerja prima dimata customer guna mencapai visi organisasi?

4. Perspective financial (pengelolaan keuangandan pencapaian target program)

Untuk sukses secara financial, upaya apa yang seharusnya kita lakukan ?

Bagaimana implementasi BSC di Puskesmas ? Operasionalisasi Strategi ( Visi dan Misi Puskesmas )

  1. Pastikan bersama visi, misi, tujuan dan strategi operasional organisasi (puskesmas).
  2. Buat penjelasan visi dan misi
  3. Terjemahkan bersama strategi organisasi/puskesmas (Visi Misi) ke dalam tindakan operasional (dalam 4 perspective BSC)
  4. Pelajari potret diri Puskesmas à lakukan analisis situasi, ketahui kekuatan, kelemahan , kesempatan dan tantangan organisasi ( Puskesmas)
  5. Buatlah prioritas
  6. Jadikan kelemahan sebagai suatu kesempatan untuk melakukan perbaikan
  7. Pergunakan manual atau buku kerja BSC untuk menggambarkan peta tindakan
  8. Gunakan frm evaluasi BSC untuk menilai hasil kerja
  9. Sebagai fondasi :
  • Perkokoh komitmen diri sendiri dan tim
  • Hidupkan jiwa enterprener (enterpreneurship)
  • Leadership

Benchmarking dari YAKES TELKOM Bandung ke Puskesmas Mojoagung

Hari Rabu , tanggal 8 Januari 2009 Puskesmas Mojoagung mendapat kunjungan dari Pelayanan Kesehatan (YAKES) TELKOM Bandung dalam rangka benchmarking. Kunjungan tim yang diwakili oleh 8 orang ini mengunjungi Jombang di dua tempat yaitu PD. Seger (Apotek dan Laboratorium) dan Puskesmas Mojoagung. Kunjungan diawali dari PD. Seger kemudian siang harinya baru ke Puskesmas Mojoagung. Tim ini didampingi dari Dinkes Kab. Jombang drg.Gaguk HS.M.Kes.

Setelah diajak berkeliling di Puskesmas Mojoagung bagian depan, mereka diajak ke ruang pertemuan Puskesmas Mojagung untuk presentasi serta menjawab beberapa pertanyaan yang telah di ajukan via email sehari sebelumnya. Setelah acara makan siang bersama tim dari YAKES Telkom diajak berkeliling kembali untuk melihat layanan rawat inap, VIP, radiologi serta pelayanan akupuntur di Puskesmas Mojoagung. Kebetulan saat itu di Poli Akupuntur sedang ada ibu Camat Mojoagung yang sedang mendapatkan terapi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s