GEBYAR ACARA-ACARA HKN-44 DI PUSKESMAS MOJOAGUNG


Dalam dua minggu terakhir ini kesibukan tampak nyata diatara para staf Puskesmas Mojoagung. Bagaimana tidak, diantara sela-sela kesibukan pelayanan wajib di Puskesmas, mereka juga masih disibukkan dengan persiapan acara-acara HKN-44.

s4034024Tanggal 19 November 2008 telah diadakan seminar kecantikan dengan tema ” Cantik, Sehat dan Bugar dengan Akupuntur dan Akupressure”. Acara yang disponsori oleh Oriflame cukup meriah dengan peserta ibu-ibu masyarakat mojoagung dan para kader kesehatan. Acara diawali dengan pembukaan oleh Kepala Puskesmas Mojoagung kemudian dilanjutkan dengan materi Cantik, Sehat dan Bugar dengan Akupuntur dan Akupressure yang disampaikan oleh staf poli akupuntur Puskesmas Mojoagung, bapak Sumantri Amd Akp. Materi ini juga disertai sesi praktek akupressure, demo akupuntur untuk kecantikan dan tanya jawab..Materi selanjutnya tentang informasi herbal oleh apoteker Puskesmas Mojoagung, ibu Happy.Apt. Peran serta masyarakat tampak dari materi selanjutnya dari ibu Siti Chodtijah mengenai membuat instan herbal. Antusiasme peserta tampak saat pihak sponsor kita Oriflame menyajikan teknik Riasan Pesta.


Demo akupuntur kecantikan
Demo akupuntur kecantikan

Tanggal 22 November 2008 diadakan acara Donor Darah Masal. Acara yang bekerja sama dengan PMI Cabang Jombang ini diikuti oleh 90 orang pendonor darah, yang antara lain berasal dari staf Puskesmas Mojoagung, mahasiswa STIKES PEMKAB Jombang, siswa SMK 1 Mojoagung serta beberapa dari kader dan masyarakat sekitar Mojoagung. Dari PMI memberikan snack, susu, obat tambah darah serta souvenir cangkir berlogo PMI bagi tiap pendonor darah. Pihak PMI mengharapkan yang datang mencapai 200 orang , tetapi kenyataanya hanya mencapai 90 orang, meskipun begitu kita tetap bersyukur karena jumlah itu sudah cukup banyak dibanding donor darah di tempat lain yang hanya berkisar 30-40 orang.

Donor darah
Donor darah

Tanggal 25 November 2008, Puskesmas Mojoagung mendapat kunjungan khusus dalam rangka HKN dari dokter specialis Anak dari RSUD dr.Soewarsih SpA. Pasien yang dikonsulkan ke dokter specialis Anak sebagian besar adalah pasien dengan gangguan gizi kurang dan gangguan tumbuh kembang Anak. Pasien merupakan rujukan dari Puskesmas Mojoagung sendiri juga dari pihak bidan desa (Posyandu). Orang tua penderita mendapatkan banyak saran dan ilmu dari dr. Soewarsih,SpA mengenai pemberian PASI dan makanan pendamping ASI.

Tanggal 26 November 2008 diadakan operasi katarak susulan. Pihak PERTAMINA menargetkan operasi katarak untuk 40 orang, karena beberapa faktor saat operasi pada tanggal 13 November 2008 kemarin baru bisa dikerjakan sebanyak 26 penderita. Sehingga kurangannya masih menjadi PR bagi Puskesmas Mojoagung untuk menyelesaikannya. Pada operasi katarak yang susulan ini Puskesmas Mojoagung bekerja sama dengan RS Mata Fatma Sepanjang. Pada operasi ini berhasil di operasi sebanyak 20 penderita. Sehingga total operasi katarak yang berhasil dilaksanakan sebanyak 46 penderita.

pengurus PSKM
pengurus PSKM

Tanggal 27 November 2008 diadakan acara demo memasak menu diabetes dan menu anak yang sebagian besar dihadiri oleh anggota PSKM (Paguyuban Sehat Kencing Manis) dan dari masyarakat umum. Acara yang ini didukung oleh Tim Gizi dari BAPELKES RSD Jombang.yaitu ibu Jayanah, Amg dan ibu Putu Mahayani, Amg.Menu makanan anak yang ditampilkan adalah Makanan dan minuman dari MODISCO antara lain Puding Labu Kuning Modisco II, menu yang lain adalah Pepes Nasi Ikan.Menu untuk penderita diabetes adalah Puding Pepaya Fantasi. Untuk mendapatkan resep dari menu diatas bisa dilihat di Web Blog Puskesmas Mojoagung edisi bulan depan (Desember 2008).

Pemateri Demo Memasak
Pemateri Demo Memasak
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s