PUSKESMAS MOJOAGUNG STUDI BANDING KE POLI KOMPLEMENTER RSUD SOETOMO


Dalam rangka pengembangan poli Akupuntur dan Herbal di Puskesmas Mojoagung, Tim dari Puskesmas Mojoagung studi banding ke Poliklinik dan Alternatif RSU Dr. Soetomo Surabaya pada tanggal 14 November 2008. Puskesmas Mojoagung melakukan studi banding dengan mengamati Poli Akupuntur, Herbal dan Paliatif. Tim dari Puskesmas Mojoagung terdiri dari dr.Heri Wibowo, M.Kes, drg. Gaguk HS,M.Kes, dr.Intan Nurswida, Happy H,Apt , Sumantri amd.Akp, Siti Khotijah (wakil dari masyarakat). KIta disambut dengan baik oleh Tim dokter dari Poliklinik komplementer antara lain dr.Arijanto Jonosewojo, SpPD dan dr. Widayat SpFK beserta staf yang lain.

Oleh dr.Widayat kita diberi pengetahuan tentang manfaat obat-obatan herbal. Beberapa jenis ternyata sudah sudah terbukti khasiatnya melalui penelitian tesis dan uji klinis.

Dalam pelayanannya poliklinik ini menggabungkan sistem pengobatan konvensional dan komplementer. Misalnya : pasien di periksa oleh dokter specialis penyakit dalam serta diperiksakan laboratorium, kemudian setelah ada hasil pasien di arahkan ke pengobatan herbal ataupun akupuntur. Yang dimaksudkan pengobatan herbal terbagi menjadi 3 , yaitu Jamu (herbal standart), fitofarmaka dan , aromaterapi. Pada poli aroma terapi diberikan pelayanan aroma terapi dan pijat. Bahkan Tim Puskesmas Mojoagung dihidangkan jamu ekstrak temulawak rasa jambu biji merah yang begitu segar.

Dalam teknis nya poli klinik ini sudah membudidayakan tanaman herbal yang berkhasiat , dan ditanam di lahan lingkungan Rumah Sakit. Untuk produksi Jamu bekerjasama dengan Pabrik Jamu Iboe, sementata untuk simplisia sudah bisa memproduksi sendiri. Keberhasilan dari Poliklinik Komplementer dan Alternatif ini adalah dibidang paliatif yang telah berhasil memperpanjang usia penderita dan mengurangi penderitaan penderita kanker.

Poli Akupuntur juga sudah dibuka dengan tenaga seorang dokter ahli akupuntur dari RSUD Soetomo.

DiSurabaya sudah dibuka Kuliah D3 BATRA (Bahan Ramuan Alam Obat Tradisional) yang kebetulan saat itu mendapat kuliah oleh drs. Djarot di RSUD Soetomo.

Tim Puskesmas Mojoagung yaitu drg.Gaguk HS, M.Kes telah mencoba aroma terapi dan pijat kepala disana, hasilnya beliau aura wajahnya terlihat segar dan bugar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s