OPERASI KATARAK GRATIS


drheri-kapus-mojoagungSudah menjadi agenda tahunan bahwa Puskesmas Mojoagung mengadakan acara operasi Katarak Gratis (lagi). Acara yang terselenggara atas kerjasama dengan PERTAMINA dan BKMM ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 13 November 2008. Pihak PERTAMINA mengadakan bakti sosial ini dalam rangka HUT ke 51 Region JATIM & BALINUS, acara ini juga hampir bertepatan dengan HKN (Hari Kesehatan Nasional) ke 44 yaitu tanggal 12 November 2008.

gm-pertaminaAcara pembukaan bakti sosial operasi katarak gratis ini dilakukan dengan seremonial yang dihadiri oleh perwakilan General Manager PERTAMINA Unit Pemasaran V Surabaya dr.Nasrullah Nasution, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang dr.Suparyanto M.Kes, Camat Mojoagung Masduki Zakaria,MSI.

kok-lama-yaAntusiasme masyarakat sangat tinggi untuk mengikuti acara Operasi Katarak Gratis, ini terbukti dengan jumlah peserta yang mendaftarkan diri mencapai 120 orang. Padahal , pasien yang telah lolos skreening pada hari sebelumnya hanya 40 orang. Antrean panjang terjadi hingga sore hari karena pasien tidak hanya mendaftar tetapi juga langsung dilakukan skreening. Skreening yang dilakukan antara lain pemeriksaan mata, tensi tekanan darah dan cek kadar gula darah. Penderita katarak yang mendaftarkan diri kali ini tidak hanya dari Kabupaten Jombang tetapi juga dari kabupaten yang lain (Lamongan, Mojokerto,Nganjuk). Penderita yang telah lolos skreening kemudian dilakukan operasi penggantian lensa oleh tim medis dari BKMM.

nunggu-pasien-post-opPeserta skreening tidak harus kecewa karena pada hari itu pasien yang dioperasi hanya 28 orang sementara sisanya direncanakan akan dilaksanakan operasi susulan pada tanggal 11 Desember 2008 dengan tempat yang sama yaitu Puskesmas Mojoagung. Untuk operasi susulan ini rencananya tetap akan dilaksanakan oleh team dari BKMM (Balai Kesehatan Mata Masyarakat). Beberapa pasien yang mengalami komplikasi mata langsung diberikan surat rujukan untuk mendapat pelayanan di pusat BKMM di Surabaya.

post-opBeberapa kendala yang dialami oleh pasien operasi katarak yaitu tingginya tekanan darah pre op, hal ini menyebabkan ditundanya pelaksanaan operasi katarak hingga turunnya tekanan darah pasien tersebut.

antre-pendaftaranPihak PERTAMINA juga mengadakan operasi bibir sumbing gratis, dan kebetulan Puskesmas Mojoagung juga ditunjuk untuk mengkoordinir penderita bibir sumbing di wilayah Jombang. Hingga diberangkatkan kemaren tanggal 15 November 2008, Puskemas Mojoagung mengirimkan 6 orang penderita bibir sumbing dari berbagai wilayah di Jombang. Para penderita bibir sumbing ini dijemput kemudian dibawa ke RS Husada Utama Surabaya. Menurut pihak Pertamina, jumlah peserta operasi bibir sumbing ini sebanyak 25 orang dari berbagai wilayah di Jawa Timur (Jombang, Gresik, Sidoarjo).

One thought on “OPERASI KATARAK GRATIS

  1. Terima kasih untuk Pertamina, RS. Husada Utama, Puskesmas Mojoagung dan semua yang berpartisipasi dalam operasi bibir sumbing dalam rangka HUT Pertamina. semoga tetap jaya. “Kita untung bangsa Untung”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s