OPERASI KATARAK DI PUSKESMAS MOJOAGUNG


Operasi katarak gratis hasil kerjasama antara Dinas Kesehatan Kab. Jombang bekerja sama dengan RS Mata Fatma yang di laksanakan diPuskesmas Mojoagung telah berhasil dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2008. Keberhasilan ini didukung oleh kerja keras tim support dari Puskesmas Mojoagung.


Peserta yang telah dilakukan operasi sebanyak 55 orang diseluruh Kab. Jombang. Sebelum pelaksanaan operasi ke 43 pasien katarak yang telah lulus skreening pada tanggal 11 Agustus 2008, dilakukan skreening ulang pre op dan hasilnya hanya 40 orang saja yang dapat mengikuti operasi. Sementara pasien katarak yang lulus skreening dilakukan operasi di kamar operasi, di Poli Mata Puskesmas Mojoagung masih menerima tambahan pasien baru sebanyak 20 orang penderita katarak, dari 20 orang tersebut yang lolos skreening hanya 16 orang, selebihnya gagal karena berbagai faktor antara lain diagnosa selain katarak, dan gula darah tinggi (>200 mg/dl).

Pelaksanaan operasi dikerjakan oleh 2 orang specialis mata dari RS Mata Fatma yaitu dr.Ery Dewanto ,SpM dan dr.Dadik Arman ,SpM. Durante Operasi tidak mengalami masalah dan kesulitan.

Post Operasi pasien diperkenankan langsung pulang, tetapi kebanyakan pasien memilih rawat inap diPuskesmas. Kapasitas tempat tidur di Puskesmas Mojoagung yang dipersiapkan untuk pasien post operasi hanya 30 tempat tidur, sementara sisanya pasien “dititipkan” diPuskesmas Peterongan (3 orang) dan Puskesmas Sumobito (10 orang).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s