ACARA OPERASI KATARAK GRATIS DITUNDA


Pelaksanaan operasi katarak gratis di Puskesmas Mojoagung yang sedianya akan diadakan pada tanggal 16 Agustus (hari Sabtu) ditunda pelaksanaannya menjadi tanggal 20 Agustus 2008 (Hari Rabu).
Acara yang terselenggara oleh kerjasama Dinas Kesehatan Kab. Jombang bekerja sama dengan RS Mata Fatma (Jl. Kalijanten 40 Sepanjang) ini ditujukan hanya untuk pasien katarak yang memiliki kartu JPS atau SKM (Surat Keterangan Miskin).


Acara screening di adakan di Poli Mata Puskesmas Mojoagung mulai pukul 09.00 hingga pukul 14.00. Screening ini dilakukan oleh tim RS Fatma bekerja sama dengan tim dari Puskesmas Mojoagung. TIm RS Fatma didukung oleh dr. Dian Puspitarini, dr. R.Hidayati, Lilik, Fauzi dan Nico A.Y. Sedangkan Tim dari Puskesmas Mojoagung yang motori oleh dr. Heri W, M. Kes, dr. Sri Wulani, SpR, M.Kes, Zainul Arifin Amd. Kep (perawat mata & Ketua Panitia), Umaysaroh Amd.Lab (Laboratorium), Ririn, Amd. Kep (perawat Umum) Azis & Catur ( administrasi), Pak Suroto dan kawan kawan ( perlengkapan).

Acara screening diawali dengan pendaftaran di bagian administrasi, dilanjutkan pemeriksaan Tekanan Darah dan keadaan umum, pemeriksaan visus, lalu dilanjutkan dengan pemeriksaan screening Katarak oleh tim RS Fatma. Bagi pasien yang lolos screening baru dilakukan pemeriksaan gula darah, pasien yang gula darah acaknya tinggi dikembalikan ke puskesmas asal untuk mendapatkan perawatan terlebih dahulu untuk menurunkan gula darahnya dan di screening ulang pada tanggal 20 Agustus (menjelang pelaksanaan Operasi).

Dari sejumlah 89 pasien yang dirujuk oleh Puskesmas puskesmas di Kabupaten Jombang, ternyata hanya 43 pasien yang lolos screening, itupun terdapat 4 orang yang masih dalam pengawasan karena Diabetes dan tekanan intra oculi (TIO) nya agak tinggi.Kurang dari 50% pasien yang lolos screening, sehingga mungkin diperlukan adanya pelatihan screening katarak untuk petugas di tiap-tiap Puskesmas agar tahun mendatang dapat meningkat jumlah pasien dirujuk yang lolos screening. Pasien yang tidak lolos screening sebagian besar karena diagnosanya ternyata adalah Glaukoma dan bukan katarak.

Dari Kuota 56 mata saat ini masih terdapat 43 yang lolos screening (4 yang masih butuh perawatan lebih lanjut) sehingga masih ada lowongan 13 mata yang belum terpenuhi. Penderita yang hari ini belum dapat hadir di PKM Mojoagung untuk Screening dapat menyusul memeriksakan diri pada pagi tanggal 20 Agustus 2008, bila lolos screening akan diikutkan operasi pada hari itu juga hingga terpenuhi kuota 56 Mata.

One thought on “ACARA OPERASI KATARAK GRATIS DITUNDA

  1. pak dokter saya daftar 2mata langsung boleh?soalnya pekerjaan saya mata-mata.biar bisa nagkap ryan2 yang lain sebelum banyak korban.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s