BLEACHING, CARA MUDAH MEMUTIHKAN GIGI


oleh :DRG. DIANA ROOSUMANTRI, M.KES
Gigi yang kusam bukan jamannya lagi. Trend pemutihan gigi untuk menghilangkan gigi yang kusam sudah merambah ke pelosok, begitu juga di PUSKESMAS MOJOAGUNG. Berikut ini adalah hal-hal yang sering ditanyakan (FAQ) mengenai pemutihan gigi dan akan dikupas tuntas oleh dokter gigi dari PUSKESMAS MOJOAGUNG, drg. Diana Roosumanstri. M.Kes

1. Apakah itu tooth bleaching ?

adalah proses penggunaan bahan pemutih gigi untuk menghilangkan noda dan mencerahkan gigi.

2. Apakah penyebab perubahan warna pada gigi ?

  • makanan dan minuman dengan warna yang kuat misalnya the, kopi, anggur merah, jika dikonsumsi terlalu sering
  • rokok
  • faktor usia, membuat gigi berwarna lebih gelap secara alami
  • lubang gigi, gigi yang telah rusak jaringan pembuluh darah dan syarafnya
  • karang gigi
  • obat-obatan tertentu yang dikonsumsi ibu saat hamil

3. Bagaimana cara memutihkan gigi ?

ada beberapa pembagiang diantaranya

  • eksternal teknik, penempatan bahan bleaching diluar gigi, dibagi lagi menjadi :

a. Home bleaching dengan cetakan gigi, dilakukan dirumah selama kuranglebih 1 minggu atau 3-6 minggu, ada juga yang 10-14 hari tergantung …..,

b. di klinik dokter gigi

c. kombinasi

4. Setelah gigi diputihkan , apakah bisa kembali berwarna awal ?

Bisa, kesuksesan bleaching hingga 90%, sisa bertahan hingga 1-4 tahun, tergantung dari :

  • perokok apa tidak,
  • umur,
  • oral higine.

Hindari : kopi, the, soda (coca cola)

5. Apakah efek samping dari memutihkan gigi ?

  • gigi ngilu, tenggorokan kering/ ingin muntah ( jika terjadi, minum air putih/ susu)
  • iritasi gusi
  • efek samping akan hilang 1-3 hari setelah perawatan

6. Dimana bisa memutihkan gigi ?

di dokter gigi terdekat

7. Berapa biaya memutihkan gigi ?

bervariasi tergantung bahan dan tekniknya

8. Apakah semua orang bisa diputihkan giginya ?

ada kontraindikasi general (karena kondisi fisiknya) : al.

  • wanita hamil (karena meningkatkan efek muntah) ;
  • anak-anak ;
  • perokok berat (karena mudah relaps);
  • peminum berat (karena mudah relaps).

Kontra indikasi local :

  • resesi ginggiva;
  • ada sariawan (gingivitis & periodontitis) ;
  • sekunder caries ;
  • caries; lesi/damage enamel ;
  • alergi peroksida

9. perawatan gigi yang telah diputihkan ?

  • menghindari makanan yang berwarna kuat misalnya anggur, kopi, cola, the dll
  • menyikat gigi secepatnya setelah mengkonsumsi makanan/minuman diatas atau gunakan sedotan

10. Apakah pasta gigi benar-benar memutihkan gigi ?

pasta gigi “whitening” tidak mengandung bahan bleaching peroxide. Pasta gigi mengandung bahan abrasi ringan dan bahan pemulas untuk membersihkan gigi dan menghilangkan noda pada permukaan gigi yang ekstra bersih dapat membuat gigi lebih cerah. Sedangkan bleaching akan memutihkan gigi hingga beberapa tingkat warna

33 thoughts on “BLEACHING, CARA MUDAH MEMUTIHKAN GIGI

  1. Kalo boleh tau biayanya berapa ya dok,dan boleh nanya tentang pemasangan gigi ga????

    Kira2 biaya yang dikeluarkan per gigi berapa???

    Terima kasih

  2. To : drg. Dondy

    Karena diluar Perda kita bisa mengatur sesuai dengan kebutuhan bahan serta jasa. DiPusk Mojoagung seluruh modal (alat dan bahan) berasal dari Puskesmas. Pembagiannya : untuk pemeliharaan alat, pembelian bahan , fee jasa dokter gigi/perawat gig dan untuk Puskesmas (formula rahasia ya😀 )

    To : Herman

    Mohon maaf saya tidak berdomisili di Jakarta. Silahkan Anda menghubungi dokter gigi terdekat dan menanyakan biayanya.

    To : Neny
    Puskesmas Mojoagung belum melayani Pemasangan Gigi, sehingga biayanya belum bisa ditentukan.

  3. dok gigi saya kuning dan sedikit berkarat gara2 saya dulu sering memakan / minum kopi terkadang saya memakan kopi dicampur dengan gula, saya konsumsi tanpa air. dan itu adalah penyebab dari gigi saya yang kuning. cara untuk memutihkannya gmana sih…dok..? tapi dengan cara yang sederhana dan alami.

  4. dok gigi saya kekuning-kuningan akibat dulu ibu saya mengkonsumsi obat2 tertentu,, ada ga cara memutihkan tanpa biaya mahal

  5. saya punya masalah dengan gigi kuning yg sdh tergolong ckup parah krn dr kcil sy sring mnum kopi n teh tnp sikat gigi dgn teratur jd kalau tersenyum saya merasa kurang percaya diri.saya ingin melakukan pemutihan gigi,tetapi saya takut biayanya mahal dan tidak sesuai dengan kocek saya,apalagi saya seorang karyawan dgn gaji pas2n.yang ingin tanyakan,adakah biaya pemutihan gigi yang murah dan bagus?(budget di bawah Rp 500.000)?

  6. Dokter yang budiman.
    Saya ada masalah dengan gigi saya Dok. Sudah lama saya mengalami karang gigi yang saya bersihkan 6 s/d 12 bulan sekali. Belakangan gigi geraham kiri atas saya mengalami ngilu yang luar biasa. Setelah beberapa kali pemeriksaan dan hasil foto panorama gigi, dokter bilang ada celah diantara geraham saya yang tidak tertutup gusi. Celah itu yang menyebabkan ngilu luar biasa ketika ada cairan (kuah atau minuman panas) yang melewatinya. Sekarang geraham saya tsb tidak lagi saya gunakan untuk mengunyah. Pertanyaan saya, apakah dengan kondisi seperti ini saya juga bisa melakukan bleaching? Saya tinggal di Surabaya dan bekerja di Jombang, kalau saya bisa melakukan bleaching sebaiknya dimana ya Dok? Terima kasih sebelumnya.

  7. Maaf sahaya ingin bertanya Dok, sahaya berada ditempat dimana teknik pemutihan (tooth bleaching) yang dokter sampaikan belum ada, kecuali dengan yang menggunakan teknik pemutihan laser. Seberapa besar kemungkinan teknik ini (pemutihan laser) berhasil untuk memutihkan gigi saya yang sudah saya alami sejak 8 tahun (skrang usia saya 23 tahun) Dok? (sahaya mengucapkan terimakasih atas tanggapannya)

  8. dok sy ada keluhan,waktu gadis sekitar thn 2000an sy melakukan tooth bleaching dgn dicetak gigi pake obat kurang lebih 14 hari..sangat menderita karena kadang2 tertelan dan kagok,meskipun drg saya menyarankan untuk tidak melakukan bleaching sepanjang saya menjaga kebersihan gigi,ga apa2,tapi saya ngotot.gigi saya putih namun hanya bertahan 3 bulan dengan harga waktu itu 1 juta.selang berapa tahun,gigi saya sensitif ngilu dan lambung saya sakit..saya kapok dan berbesar hati dengan gigi kuning saya,apakah ada yang alami cara memutihkan gigi yg waktu ibu hamil mangkonsumsi obat yg mengandung tetrasiklin? mohon sarannya,terimakasih

  9. Dokter, gigi saya kuning kecoklatan karena waktu kecil saya banyak mengkonsumsi antibiotik..
    bagaimana cara yang tepat untuk memutihkan gigi saya ini, dokter..?
    Terima kasih…

  10. Assalamualaikum. Dok saya riyanti dari Sukabumi. Ginih dok gigi saya kuning sudah parah bagian dalam, di akibatkan waktu kecil saya jarang sikat gigi, nah saya ingin memutihkan gigi dengan cara alami, kira kira berapa ya dok biaya nya. Puskesmas mojoagung daerah mana ya dok. Terimakasih sebelumnya

Tinggalkan Balasan

