Sosialisasi penentuan diagnosa TB pada Anak di PKM Mojoagung


PKM Mojoagung yang diwakili oleh dr. Noviani telah mengikuti pelatihan tentang TB pada Anak. Untuk menyampaikan ilmu yang telah didapat, dr. Noviani menyampaikan dalam presentasinya di hadapan seluruh staf medis (dokter, bidan, perawat, laborat) PKM Mojoagung pada hari Jumat, 4 Juli 2008.

Kesimpulan dari seminar ini bahwa penentuan diagnosa TB pada anak tidak hanya berdasarkan hasil rontgent Thorax, melainkan berdasarkan skoring. Seorang anak didiagnosa TB bila skor nya lebih atau sama dengan 6. Skoring ini perlu digunakan agar tidak terjadi over diagnosa kasus TB. Menurut presentasi dr. Noviani bahwa dari 100% kasus TB pada anakberdasarkan rontgent thorax, ternyata hanya 32% yang benar-benar menderita TB dan selebihnya adalah over diagnosis.
Skoring ini memerlukan beberapa pemeriksaan antara lain : riwayat batuk lebih dari 3 minggu, pembesaran KGB, pembengkakan dan nyeri sendi, rontgent thorax, BTA,dan riwayat kontak dengan penderita TB.

Diharapkan dengan skoring ini petugas kesehatan terutama yang bekerja di tempat dengan fasilitas pemeriksaan terbatas dapat mendiagnosis dan menterapi dengan tepat berdasarkan skoring TB Anak tersebut. Perlu diingat juga bahwa bila ditemukan adanya TB pada orang dewasa perlu juga ditanyakan ada tidaknya keluarga yang masih balita (Anak), begitu juga bila di temukan TB pada anak harus juga di cari sumber infeksi pada orang dewasa.

Kendala yang dihadapi ternyata uji tuberkulin yang menjadi standar pemeriksaan dasar belum bisa diadakan di Puskesmas karena belum menjadi Program pemberantasan TB.

SKORING TB ANAK 2005

PARAMETER

0

1

2

3

SKOR

PENDERITA

KET

KONTAK TB

LAPORAN KELUARGA (BTA NEG/TDK JELAS)

BTA

(+)

UJI TUBERKULIN

POSITIF

BB

BGM/BB TIDAK

NAIK (2 BLN)

GIZI BURUK

DEMAM

≥ 2 MINGGU

BATUK

< 3

MGG

≥ 3 MINGGU

LIMFADE –

NOPATI

≥ 1 CM, TAK NYERI, MULTIPLE

CONFLUENCE

SENDI

BENGKAK

+

RADIOLOGI

DBN

MAL

SUGESTIF

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s