Opening Meeting

Tanggal 16 Nopember 2011 Puskesmas Mojoagung mendapat kunjungan Tim dari WQA untuk mengaudit ISO 9001:2008 yang sudah dijalankan di Puskesmas Mojoagung . Tim ini terdiri atas dua orang yaitu dr. Dzulkifli Machmud, M.Kes, MSi selaku ketua Tim Audit dan Arifudin, AMD sebagai anggota.
Audit ISO 9001: 2008 ini di bagi menjadi beberapa sesi yaitu Opening Meeting, Proses audit ISO 9001:2008, diskusi Tim Audit ISO 9001:2008, dan Closing Meeting.

Proses Audit di Ruang Perawatan

Proses audit dilakukan pada top manajer, manajer representative, dan pemegang program. Selain itu para auditor juga melakukan observasi pada fasilitas yang ada di Puskesmas Mojoagung mulai dari loket pendaftaran sampai bagian kebersihan. Selanjutnya hasil temuan yang didapatkan didiskusikan dan disusun sebagai bahan penilaian.

Proses Audit di Bagian Loket Pendaftaran Pasien Rawat Jalan

Dalam proses audit sendiri di bagi 2 kelompok, yaitu : pertama QMR activities selaku Auditor Bpk. Arifudin, AMD yang didampingi oleh Bpk. Muji Wahyanto (pemegang program Promkes) dan Ibu Susmajaningtyas TW (Ko. AMI), kedua Providing Health Service & Community Health Activities selaku Auditor Bpk. Dr. Dzulkifli Machmud, M.Kes, M.Si yang didampingi oleh Bpk. Zainul Arifin (kepala Pelayanan Rawat Jalan) dan Bu. Mutoliatul Afidah (kepala Perawatan). Masing-masing proses audit memang sebagian besar banyak temuan di semua pelayanan di administrasi dan sasaran mutu, akan tetapi semua bagian pelayanan bisa di pertanggungjawabkan dengan baik sesuai protap yang ada. Untuk Audit Eksternal kali ini adalah yang ke-5 terhitung sejak Nopember 2007 dan berhasil terus menerus dengan sertifikasi ISO 9001:2000 dan ISO 9001:2008.

Tim ISO Puskesmas Mojoagung...Solid Abisssssss

Hasil temuan yang telah disusun tersebut kemudian dipaparkan dalam closing meeting yang dihadiri oleh dr. Sriwulani Sumargo, Sp.Rad, M.Kes selaku Top Manager, ibu Umaysaroh, S.ST selaku Manager Representative, drg. Diana Roossumantri, M.Kes selaku ISO secretary dan para pemegang program. Dalam pemaparannya dr. Dzulkifli Machmud, M.Kes, MSi dan Arifudin, AMD mengemukakan enam hal yang perlu mendapatkan perhatian khusus agar mutu pelayanan di Puskesmas Mojoagung tetap terjaga. Namun secara umum Puskesmas Mojoagung masih layak menyandang predikat ISO 9001:2008.

Clossing Meeting ISO 9001:2008

Dalam kesempatan ini juga dr. Dzulkifli Machmud, M.Kes, MSi menyatakan salut atas kekompakan dan semangat karyawan Puskesmas Mojoagung dalam menjalani proses audit. Hal ini dibuktikan dari antusiasme dan keramahan karyawan pada saat proses audit walaupun proses audit dimulai dari pukul 07.00-19.30 WIB.

Upload & Editor by : Abdul Aziz
Narasi : Arif Firman Wicaksono

About these ads