PELATIHAN TANAMAN BIOFARMAKA (TOGA) OLEH DINAS PERTANIAN BEKERJASAMA DENGAN PUSKESMAS MOJOAGUNG

Tim Obat Tradisional & Herbal Puskesmas Mojoagung

Dinas Pertanian Kabupaten Jombang ternyata masih jatuh hati dengan Puskesmas Mojoagung untuk kegiatan Pelatihan Tanaman Biofarmaka (Toga). Dengan tanpa mengurangi rasa hormat dan terima kasih, Puskesmas Mojoagung dengan Tim Obat Tradisional dan Herbalnya menyiapkan bahan materi pelatihan sesuai permintaan dari Dinas Pertanian Kabupaten Jombang, yaitu :
1. Bpk. Sumantri, AMd.Akp, S.Psi, S.Pd.
PENGEMBANGAN TANAMAN BIOFARMAKA DAN FUNGSINYA
2. R. Happy Yuliasari, S.Farm, Apt.
HERBAL pkm pegagan dkk
3. Nur Farida Handayani, AMd.Gizi
NUTRISI DAN SEHAT ALAMI

Peserta Pelatihan

Pada hari pertama, Senin tanggal 26 Juli 2010 pelaksanaan Pelatihan Tanaman Biofarmaka (Toga) dalam Rangka Pelaksanaan Kegiatan Penyediaan Benih Bibit Hortikultura Tahun 2010 oleh Dinas Pertanian bekerjasama dengan Puskesmas Mojoagung di laksanakan di Balai Pertemuan Desa Pulo Gedang Kec. Tembelang Kab. Jombang. Acara tersebut di hadiri oleh Dinas Pertanian yaitu Bpk. Widiono, SP., KaDes Pulo Gedang, ibu-ibu pengerak PKK wilayah Kec. Tembelang, Kec. Ploso dan Kec. Tapen, tidak lupa beserta

Kepala Dinas Pertanian dan Tim Penggerak PKK Kab. Jombang

Tim Obat Tradisional dan Herbal Puskesmas Mojoagung yang di koordinatori oleh Bpk. Sumantri, AMd.Akp, S.Psi, S.Pd.
Acara tersebut dibuka langsung oleh Bpk. KaDes Pulo Gedang dengan penuh harapan bahwa setelah diadakannya Pelatihan Tanaman Biofarmaka (Toga) dalam Rangka Pelaksanaan Kegiatan Penyediaan Benih Bibit Hortikultura Tahun 2010Desa Pulo Gedang maju seperti Pulo Gadung Jakarta.
Dalam sambutannya pihak Dinas Pertanian bahwa peserta pelatihan dalam hal ini sebagai koordinator adalah tim penggerak PKK kecamatan akan mendapatkan bibit Toga (tanaman obat keluarga).

dr. Agustina Mufidah memberikan sambutan di Hari Pertama

Pada hari kedua, Selasa tanggal 27 Juli 2010 dilaksanakan di Balai Pertemuan Desa Temu Wulan Kec. Perak Kab. Jombang dihadiri oleh Bpk. Drs. Bambang Sriyadi (Camat Perak), perwakilan dari Dinas Pertanian Bpk. Waras Sumakno, SP. dengan peserta ibu-ibu penggerak PKK wilayah Kec. Perak, Kec. Bandar Kedungmulyo dan Kec. Jogoroto.
Acara pelatihan ini dibuka langsung oleh Bpk. Drs. Bambang Sriyadi (Camat Perak) dengan sambutannya berpesan bahwa sangat berartinya Kesehatan kita dan begitu mahalnya dimasa sekarang ini karena tingkat

dr. Diani Arisandhi sedang Memberikan Sambutan di Hari Kedua (dari sebelah kanan)

derajat dan status kesehatan yang sangat didamba setiap orang serta didukung dari modernisasi zaman yang canggih. Karena itulah kita jangan sampai meninggalkan warisan nenek moyang kita secara tradisi yang sangat variatif dan murah meriah karena tanpa kita sadari bahwasanya semuanya itu dapat kita peroleh dari lingkungan pekarangan kita. Kemudian dari pihak Dinas Pertanian juga berpesan agar kita tidak mengenyampingkan dalam pemanfaatan lahan pekarangan kita untuk TOGA (tanaman obat keluarga),

Bpk. Sumantri, AMd.Akp, S.Psi, S.Pd. sedang memaparkan materi pelatihan

karena kita semua tahu bahwa semua

R. Happy Yuliasari, S.Farm, Apt. berbagi Ilmu dengan Peserta Pelatihan

kebutuhan hidup kita semakin hari terus melambung tinggi biayanya. Alangkah indah dan senangnya kita apabila tanah pekarangan kita akan kaya dengan hasil bumi secara otomatis hal tersebut akan sangat membantu meringankan kebutuhan hidup kita, karena hal ini juga didukung oleh unsur tanah Indonesia yang begitu subur akan semua jenis tanaman.
Yang menjadi kesan menarik dalam pelatihan ini adalah masalah gizi yang dipaparkan oleh Ibu Nur Farida Handayani, AMd.Gizi (ahli gizi Puskesmas Mojoagung) adalah pada masa saat ini dalam masalah pengobatan modern secara otomatis akan merubah status gizi hidup kita oleh karena itu masalah kesehatan adalah merupakan tanggung jawab kita bersama dimulai dari sejak sedini mungkin.

Nur Farida Handayani, AMd.Gizi mencairkan suasana dengan Ilmu Cantik Alami

Tim Obat Tradisional dan Herbal Puskesmas Mojoagung :
1. dr. Sriwulani Sumargo, Sp.Rad, M.Kes.
2. dr. Agustina Mufidah
3. dr. Diani Arisandhi
4. Sumantri, AMd.Akp, S.Psi, S.Pd.
5. R. Happy Yuliasari, S.Farm, Apt.
6. Nur Farida Handayani, AMd.Gizi
7. Abdul Aziz, AMd.Per.Kes.
8. Mulyono

Upload by : Abdul Aziz, AMd.Per.Kes.

About these ads