Tag

,


Bp. Haryo Purwono (Kasi P2 Dinkes Jombang)

Bp. Haryo Purwono (Kasi P2 Dinkes Jombang)

Tindak lanjut dari program GERTAK MAS BERLIAN yang telah dicanangkan pada tanggal6 Februari 2008. Adalah pelatihan kader Jumantik (Juru Pemantau Jentik). Para Jumantik ini diambil dari para kader kesehatan yang sudah biasa bekerja sama dengan Puskesmas Mojoagung. Acara yang berlangsung pada pagi tanggal 16 Mei 2009 ini diisi dengan acara :

  • Sambutan dari Camat Mojoagung yang diwakili oleh Bp. Senen (Sekcam Mojoagung)
  • Sambutan dari Kapus Mojoagung yaitu dr.Sriwulani S, SpR, M.Kes
  • Pemberian Materi dari Dinas Kesehatan :
  1. Bp. Haryo Purwono (Kasi P2 Dinkes Jombang)
  2. Bp. Mahendra (Sanitarian PKM Jelak Ombo Jombang)
  • Sosialisasi pengisian formulir Jumantik

Inti materi yang disampaikan diulas melalui metode ceramah dan pemutaran film tentang Jumantik. Para kader Jumantik diajarkan tata cara pengambilan jentik dan tata cara penancapan bendera. Sebuah rumah diberi bendera hitam bila pemilik rumah tidak bersedia dilakukan pemeriksaan jentik, diberikan bendera merah muda bila dalam 3 kali pemeriksaan selalu ditemukan jentik (positif jentik). Bila sebuah rumah bebas jentik atau tidak ditemukan jentik maka rumah ini akan dipasang stiker khusus yang menunjukkan rumah bebas jentik.

Hal-hal yang diktekankan pada pelatihan ini adalah kejujuran para Jumantik, dan bukan yang dipikirkan masalah pelaporannya saja. Misalnya ada kasus dimana rumah itu tidak bersedia diperiksa jentik, maka tidak usah sungkan untuk memasang bendera hitam disana. Atau bila Kader Jumantik dicaci maki oleh pemilik rumah maka dalam pelaporan ya ditulis saja apa adanya.

Ide dari Bp. Mahendra untuk meningkatkan kinerja para Kader Jumantik bisa dilakukan Lomba Menangkap Jentik, dimana Kader Jumantik yang terbanyak mendapatkan Jentik nyamuk akan mendapat hadiah.

Adapun tempat – tempat yang harus diperiksa oleh Kader Jumantik ini tidak hanya pada bak mandi tiap rumah , tetapi juga pada drum, tempayan, alas pot tanaman, pecahan botl, kaleng bekas, ban bekas, dispenser, tempat minum burung dan lain-lain.

About these ads